Laboratorium Riset Kelautan merupakan fasilitas penting dan strategis yang digunakan untuk melaksankan kegiatan riset dan observasi sumber daya laut dibidang fisika dan kimia kelautan, daerah potensial penangkpan ikan, perubahan iklim dan pengkajian teknologi kelautan. Pengembangan dan analisis yang dilakukan dalam bidang kelautan meliputi, pengujian kualitas perairan, pemodelan laut, observasi laut dan instrumentasi laut. Laboratorium ini didirikan pada tahun 2006 dan secara efekti beroperasi sejak tahun 2008. Laboratorium Riset Kelautan terdiri dari beberapa laboratorium antara lain Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan, Laboratorium Kualitas Perairan, Laboratorium Observasi dan Pemodelan Laut, dan Laboratorium Alam.

 

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dibentuknya Laboratorium Riset Kelautan adalah sebagai wadah untuk melakukan riset dan observasi sumber daya laut dibidang fisika dan kimia kelautan, daerah potensial penangkpan ikan, perubahan iklim dan pengkajian teknologi kelautan guna membantu mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Balai Riset dan Observasi Kelautan.

 

Visi

Mewujudkan Laboratorium Riset Kelautan sebagai laboratorium riset unggulan dan rujukan dalam bidang Riset dan Observasi Kelautan di Indonesia.

 

Misi

  1. Memberikan pelayanan laboratorium yang prima dan terbaik bagi peneliti dan masyarakat;
  2. Menyediakan peralatan yang diperlukan agar tercapai penelitian yang kapabel, handal dan professional dalam bidang kelautan;
  3. Memberikan dan menyebarkan hasil-hasil riset dan observasi kelautan kepada seluruh pihak terkait, baik kepada pemerintah, swasta dan masyarakat;
  4. Mengembangkan IPTEK Kelautan sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Motto 

Melayanai dengan “SMART” (Senyum, Memuaskan, Ahli, Ramah dan Terpecaya).

Dengan motto “SMART”, diharapkan keberadaan laboratorium riset kelautan dapat memberikan kontribusi dalam riset dan observasi kelautan.

 

Maklumat Pelayanan 

Laboratorium Riset Kelautan memberikan pelayanan prima kepada pengguna laboratorium dengan prinsip pelayanan tepat waktu, efisien dan efektif. Pelayanan prima kepada pengguna laboratorium berprinsip menjamin ketersediaan suberdaya dan informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna jasa; terbuka terhadap kritik saran dan masukan dari masyarakat penggunna jasa dalam rangka menjamin perbaikan kinerja yang berkenajutan; mengutamakan prinsip keadilan pada setiap pengguna; menjamin kepastian hukum terhadap data dan informasi yang diterima; dan berusaha mewujudkan kecepatan dan ketepan layanan.

 

Program Kerja 

  • Terselenggaranya proses laboratorium riset dan observasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, inovasi dan memiliki daya saing;
  • Tersediannya sarana dan prasarana laboratorium yang memadai dan bermanfaat bagi peneliti dan masyarakat
  • Terselenggarannya system manajemen mutu laboratorium yang handal dan sesuai dengan Standar menuju labaoratorium yang memiliki daya saing dalam bidang kelautan.

 

Rencana Kerja 

  • Membangun basis data dan informasi kelautan serta sistem diseminasi dan pertukaran data untuk perairan Indonesia. Oleh karena itu setiap kegiatan dan sub-kegiatan riset dan observasi kelautan harus dilakukan secara menerus dan memiliki tujuan jangka menengah dan panjang.
  • Menguasai ilmu dan teknologi kelautan untuk mendukung pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan dan untuk konservasi laut dalam kaitannya dengan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.
  • Berperan serta secara aktif dalam berbagai kegiatan penelitian dan ekspedisi laut baik untuk tingkat nasional maupun regional.
  • Menguasai teknologi informasi dan sistem pengelolaan dan pengolahan data dalam bidang kelautan untuk mendukung pengembangan dan pembangunan sistem informasi kelautan nasional.

 

Struktur Laboratorium Riset Kelautan

 Struktur Laboratorium Riset Kelautan

 

Nama Laboratorium
Keterangan
 
Laboratorium Kualitas Perairan
Laboratorium Kualitas Perairan merupakan laborarorium pengujian untuk mendukung tersedianya data dan informasi kondisi perairan baik data fisika, kimia dan biologi guna mendukung pengelolaan sumberdaya kelautan yang efektif. Ketersediaan sarana dan prasarana yang semakin bertambah dari tahun ke tahun merupakan bentuk pemenuhan terhadap permintaan layanan pengujian dengan parameter yang semakin beragam dari pengguna jasa laboratorium.
Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan
Laboratorium Penginderaan Jauh Keluatan merupakan laboratorium yang memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dalam bidang kelautan. Dalam rangka mendukung terwujudnya operational oceanography, Laboratorium Penginderaan Jauh kelautan memiliki peranan yang cukup signifikan, dalam penyediaan data suhu dan salinitas permukaan laut, konsentrasi klorofil-a, dan tinggi permukaan laut.
Laboratorium Observasi dan Pemodelan Laut
Laboratorium Observasi dan Pemodelan Laut merupakan laboratorium pemantauan dan pemodelan untuk mendukung tersedianya data dan informasi kondisi perairan baik data fisika, kimia dan biologi laut guna mendukung pengelolaan sumberdaya kelautan yang efektif, fenomena dan dinamika perairan yang terjadi. Kegiatan Laboratorium Observasi dan Pemodelan Laut BPOL meliputi pengelolaan peralatan survei dan observasi laut, dokumentasi dan publikasi data kondisi laut baik yang bersumber dari stasiun observasi maupun prediksi model.
Laboratorium Alam
Sebagai salah satu laboratorium yang menjadi bagian dari laboratorium terpadu LRK, Laboratorium Alam dikembangkan untuk menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan yang diilaksanakan di BPOL. Tidak hanya itu, laboratorium ini juga diharapkan dapat menyediakan data dan informasi terkait dengan isu-isu di lingkungan perairan berbasis pada pendekatan ekosistem.