Frequently Asked Questions - All FAQs

Please select your question category

Search FAQs

Layanan permintaan data kelautan merupakan salah satu jenis layanan dari Balai Penelitian dan Observasi Laut kepada stakeholders yang berupa penyediaan data-data kelautan hasil penelitian. Penyediaan data dapat diperoleh melalui surat permohonan dan pengisian form permintaan data. Syarat-syarat tertentu akan diberikan terkait dengan data-data penelitian terbaru

Permintaan data kelautan dapat dilakukan secara individual maupun atas nama instansi

Prosedur permintaan data kelautan dapat diakses pada http://bpol.litbang.kkp.go.id/layanan-publik-bpol/permintaan-data-kelautan#prosedur. Dalam surat pengajuan permintaan data pemohon diharapkan berisi detil data yang diminta, meliputi : jenis / nama data, lokasi, tahun dan format data.  

Data yang tersedia di BPOL dapat dilihat pada Direktori Data Kelautan yang dapat diakses melalui http://www.indeso.web.id/indeso_wp/index.php/en/. Data yang disediakan gratis atau tidak berbayar

Tidak semua data yang terdapat dalam direktori data kelautan dapat disediakan BPOL untuk pemohon data. Hal ini terkait dengan hak cipta dan publikasi. Sebagai contoh, untuk raw data penelitian hanya dapat disediakan jika data tersebut telah dipublikasikan oleh peneliti BPOL. Konsultasikan lebih lanjut dengan admin kami terkait detil data yang dapat diakses pemohon data. 

No faqs found in this category

Layanan pelatihan pengolahan data merupakan jenis layanan untuk memberikan pelatihan bagi stakeholders yang ingin belajar tentang pengolahan data kelautan yang ada di Balai Penelitian dan Observasi Laut. Jenis pengolahan data kelautan yang diberikan sesuai dengan bidang kepakaran peneliti Balai Penelitian dan Observasi Laut. 

Balai Penelitian dan Observasi Laut menyediakan berbagai pelatihan terkait Marine Geographic Information System (GIS) for Operational Oceanography yang meliputi : 

  1. Pelatihan pemodelan oseanografi dengan berbagai software (ex: pemodelan arus, gelombang, pasang surut)
  2. Pelatihan pengolahan data hasil observasi oseanografi
  3. Pengolahan data kesuburan perairan dgn parameter klorofil-a                        
  4. Pengolahan data suhu permukaan laut dan deteksii front                        
  5. Pengolahan data sebaran mangrove

Biaya masing - masing jenis pelatihan berbeda, tergantung banyaknya peserta dan lama pelatihan. Konsultasikan lebih lanjut terkait biaya pelatihan dengan admin kami. 

Layanan kunjungan merupakan salah satu layanan yang memberikan kesempatan kepada institusi/lembaga/PT untuk berkunjung, sehingga dapat secara langsung mengetahui kegiatan-kegiatan yang ada di Balai Penelitian dan Observasi Laut. Kunjungan dapat dilakukan secara perseorangan atau kelompok.

Balai Penelitian dan Observasi Laut menerima kunjungan dari pelajar atau mahasiswa hanya dua kali dalam satu bulan. Sedangkan untuk kunjungan lain akan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan di Balai Penelitian dan Observasi Laut. 

Kegiatan yang dapat dilakukan selama kunjungan antara lain presentasi dari peneliti BPOL terkait penelitian yang sedang dilakukan, diskusi, mengunjungi ruang display, melihat fasilitas yang dimiliki BPOL, aktivitas outdoor (ex: menanam atau membersihkan mangrove). Durasi kunjungan berlangsung maksimal 3 jam. 

 

Peserta yang diterima dalam kunjungan maksimal sebanyak 75 orang

Hari kerja Balai Penelitian dan Observasi Laut adalah hari Senin - Jumat dengan jam kerja pukul 08.00 - 16.00 WITA. Kunjungan hanya dapat diterima pada hari dan jam kerja. 

Layanan PKL/Magang Mahasiswa merupakan layanan untuk kalangan akademisi terutama bagi para mahasiswa Diploma III, Program Sarjana dan Pasca Sarjana. Selama proses PKL/Magang, mereka akan diberikan bimbingan oleh para peneliti dengan latar belakang atau kepakaran yang sesuai dengan bidang atau minat masing-masing.

Terkait dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki minat untuk melakukan PKL/ magang, waktu yang diberikan untuk PKL / Magang maksimal adalah empat minggu. 

Prosedur pengajuan PKL / magang dapat diakses pada http://bpol.litbang.kkp.go.id/layanan-publik-bpol/pkl-magang-mahasiswa#prosedur. Pengajuan surat permohonan maksimal satu bulan sebelum tanggal rencana pkl/magang

Balai Penelitian dan Observasi Laut menerima maksimal 8 mahasiswa magang / PKL dalam sekali waktu, dengan menyesuaikan kegiatan yang dilakukan peneliti sebagai calon pembimbing PKL / mahasiswa

Layanan Penelitian Skripsi / Thesis merupakan layanan yang diberikan kepada mahasiswa program Sarjana dan Pasca Sarjana yang sedang mengerjakan tugas akhir. Para mahasiswa nantinya akan dibimbing langsung oleh para peneliti dengan kepakaran yang sesuai dengan tema penelitian masing-masing. Akan ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh mahasiswa terkait dengan penggunaan data yang akan digunakan dalam penelitian.

Terkait dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki minat untuk melakukan penelitian di BPOL, waktu yang diberikan untuk penelitian skripsi/tesis maksimal adalah enam minggu

Prosedur untuk pengajuan skripsi / tesis dapat diakses http://bpol.litbang.kkp.go.id/dev34/layanan-publik-bpol/penelitian-skripsi-thesis#prosedur. Pengajuan surat permohonan maksimal satu bulan sebelum tanggal rencana skripsi / tesis

Balai Penelitian dan Observasi Laut menerima maksimal 4 mahasiswa skripsi/tesis dalam sekali waktu, dengan menyesuaikan kegiatan yang dilakukan peneliti sebagai calon pembimbing skripsi / tesis

Layanan penginapan mess dan guest house adalah layanan inap yang disediakan BPOL, dengan beberapa pilihan kamar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. BPOL memiliki 5 kamar mess dengan  dua tempat tidur (twin bed), serta 3 kamar guest house dengan pilihan double bed / twin bed. 

 

 

Tarif penginapan mess dan guest house sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2015 tentang 

 

Layanan pengujian kualitas air merupakan layanan yang dilakukan oleh Laboratorium Kualitas Perairan (LKP) yang merupakan bagian dari Laboratorium Riset Kelautan (LRK) dalam struktur Balai Penelitian dan Observasi Laut. LKP telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium ISO / IEC 17025 : 2005 sejak tahun 2010 dan mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor LP – 454 - IDN

LKP dapat melayani berbagai pengujian untuk kualitas perairan yang meliputi parameter fisika, kimia, biologi, pengambilan sampel air limbah, pengujian parameter kualitas perairan secara insitu dan penyewaan tempat dan peralatan laboratorium. Biaya untuk pengujian masing – masing parameter berbeda sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Parameter dan biaya dapat diakses pada http://bpol.litbang.kkp.go.id/dev34/layanan-publik-bpol/pengujian-kualitas-air#biaya

Waktu yang dibutuhkan untuk pengujian maksimal adalah 5 hari kerja, tergantung dari jenis parameter yang diiuji

Jumlah sampel yang dibutuhkan beragam, tergantung jumlah parameter yang diujikan. Sebagai contoh, untuk nutrien dibutuhkan sampel sebanyak 500ml setelah penyaringan. Hubungi admin kami untuk konsultasi lebih lanjut terkait jumlah sampel air yang dibutuhkan. 

Layanan peminjaman peralatan survey kualitas air adalah layanan yang diberikan kepada para stakeholders yang memerlukannya untuk mendukung kegiatan penelitian. Selama peminjaman stakeholders bertanggung jawab penuh terhadap alat yang dipinjam dan diwajibkan menggunakan operator alat dari BPOL. 

BPOL menyediakan beberapa alat yang dapat disewakan oleh pengguna dengan biaya sewa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Untuk penyewaan alat survei harus disertai dengan operator alat dari Laboratorium Riset Kelautan. Jenis alat beserta biaya sewanya dapat diakses pada http://bpol.litbang.kkp.go.id/dev34/layanan-publik-bpol/peminjaman-peralatan-survey-kualitas-air

Layanan Peminjaman Buku Ilmiah merupakan bentuk layanan perpustakaan Balai Penelitian dan Observasi Laut. Saat ini Perpustakaan BPOL telah terintegrasi secara online. Bagi para stakeholders yang ingin melakukan peminjaman dapat menghubungi pengelola perpustakaan BPOL.

Katalog buku yang dimiliki perpustakaan BPOL dapat diakses pada http://bpol.litbang.kkp.go.id/dlib/ 

Peta Prakiraaan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) merupakan peta yang memuat informasi tentang prediksi lokasi keberadaan ikan, produksi dari Balai Penelitian dan Observasi Laut. 

 

 

PPDPI meliputi wilayah Indonesia yang terdiri dari PPDPI nasional, PPDPI pelabuhan perikanan dan PPDPI wilayah khusus. 

  • PPDPI Nasional, meliputi PPDPI Jawa, Bali dan Nusra, Maluku, Kalimantan, Papua dan Sulawesi
  • PPDPI Pelabuhan Perikanan meliputi Kejawanan, Pemangkat, Pengambengan, Ternate Bitung, Belawan, Cilacap, Ambon, Pelabuhan Ratu, Sungai Liat, dan Tamperan
  • PPDPI wilayah khusus meliputi Bali Utara dan Bali Timur

PPDPI ditayangkan maksimal setiap jam 11 pada hari penerbitan. PPDPI Nasional terbit tiga kali seminggu, setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Sedangkan untuk PPDPI pelabuhan dan wilayah khusus terbit setiap hari Senin hingga Jumat. 

 

 

Terdapat tiga tahapan utama dalam pembuatan PPDPI yaitu pengunduhan data, pemproresan data dan diseminasi data

PPDPI dapat diakses melalui beberapa cara yaitu :

  1. Situs Balai Penelitian dan Observasi Laut melalui http://www.bpol.litbang.kkp.go.id 
  2. Email yang dikirimkan secara periodik
  3. Aplikasi "Nelayan Pintar" yang dapat diunduh melalui Google Playstore

 

Pembuatan PPDPI untuk wilayah tertentu dapat diakomodir melalui kerjasama instansi bersangkutan dengan Balai Penelitian dan Observasi Laut. 

Peta LokasiPenangkapanIkan (PELIKAN) Tuna adalah peta yang memberikan informasi tentang daerah yang prakiraan potensi panangkapan ikan tuna mata besar (bigeye tuna) di perairan Samuderah Hindia Selatan Jawa Bali.

Pelikan Tuna meliputi wilayah perairan Samudera Hindia Selatan Jawa Bali pada batas koordinat 101°-127°BT dan 7°-20°LS yang mencakup Wilayah Pengelolaan Periknan (WPP) 573 dan perairan lepas

Pelikan Tuna diperbaharui setiap hari Jumat (jam 09:00 WITA) untuk 8 hari ke depan

Pelikan Tuna disusun berdasarkan hasil keluaran regional SEAPODYM (Spatial Ecosystem And Populations Dynamics Model) yang dijalankan oleh INDESO

 

Informasi Pelikan Tuna berlaku dan dapat digunakan selama kurun waktu 24 jam sesuai dengan tanggal yang tertera pada judul peta

Pelikan Tuna dapat diakses melalui portal Balai Penelitian dan Observasi Laut http://www.bpol.litbang.kkp.go.id/pelikan-tuna-detail

Informasi prakiraan potensi panangkapan ikan tuna mata besar (bigeye tuna) dinyatakan dalam biomassa ikan (gr/m2) yang disimbol dengan warna. Biru menunjukkan nilai yang rendah, sedangkan semakin mendekati warna merah maka peluang keberadaan gerombolan (schooling) ikan tuna mata besar di lokasi tersebut semakin besar.

Peta Lokasi Penangkapan Ikan (PELIKAN) Cakalang adalah peta yang memberikan informasi tentang daerah prakiraan potensi panangkapan ikan cakalang (skipjack tuna) di perairan timur Indonesia

Pelikan Cakalang meliputi wilayah perairan Indonesia Timur pada batas koordinat 118°-140°BT dan 10°LU-3°LS yang mencakup Wilayah Pengelolaan Periknan (WPP) 715, 716, dan 717 yang  meliputi Laut Sulawesi, Laut Maluku, Teluk Tomini Laut Halmahera, dan Samduera Pasifik bagian barat.

Pelikan Cakalang diperbaharui setiap hari Jumat (jam 09:00 WITA) untuk 8 hari ke depan

Pelikan Cakalang disusun berdasarkan data penangkapan ikan dan keluaran model NEMO yang dijalankan oleh INDESO melalui pendekatan statistik GAM (Generalized Additive Models)

Informasi Pelikan Cakalang berlaku dan dapat digunakan selama kurun waktu 24 jam sesuai dengan tanggal yang tertera pada judul peta

Pelikan Tuna dapat diakses melalui portal Balai Penelitian dan Observasi Laut http://www.bpol.litbang.kkp.go.id/pelikan-cakalang-detail

Informasi prakiraan potensi panangkapan ikan cakalang (skipjack tuna) dinyatakan dalam nilai CPUE (ton) yang disimbol dengan warna biru menunjukkan nilai CPUE yang rendah, sedangkan semakin mendekati warna merah maka nilai CPUE semakin tinggi, yang berarti peluang keberadaan gerombolan (schooling) ikan di lokasi tersebut semakin besar.

Peta Lokasi Penangkapan Ikan (PELIKAN) Lemuru adalah peta yang memberikan informasi tentang daerah prakiraan potensi panangkapan ikan lemuru (bali sardinella) di perairan Selat Bali

Pelikan Lemuru meliputi wilayah perairan Selat Bali pada batas koordinat 114°-115.2°BT dan 8°-9.2°LS

Pelikan Lemuru diperbaharui setiap hari (jam 11:00 WITA) dengan memperhatikan ketersediaan data satelit di Selat Bali

Pelikan Cakalang disusun berdasarkan data kelimpahan zooplankton dan data citra MODIS (suhu permukaan laut, photosynthetically active radiation, dan konsentrasi klorofil-a) melalui pendekatan statistik GAM (Generalized Additive Models)

Informasi Pelikan Lemuru berlaku dan dapat digunakan selama kurun waktu 24 jam sesuai dengan tanggal yang tertera pada judul peta

Pelikan Tuna dapat diakses melalui portal Balai Penelitian dan Observasi Laut http://www.bpol.litbang.kkp.go.id/pelikan-lemuru