Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Survey Tim Dinamika Pesisir

Kegiatan survei yang merupakan bagian dari penelitian Sistem Informasi Spasial untuk Daerah Penangkapan Ikan dan Perubahan Lingkungan ini telah dilaksanakan pada tanggal, 16 hingga 19 Oktober 2017 oleh Tim Dinamika Pesisir. Survei ini dilakukan di perairan Taman Nasional Bali Barat, terutama di perairan Pulau Menjangan dan sekitarnya serta di Selat Bali.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun data ekosistem pesisir dan kualitas perairan di Selat Bali dan sekitarnya melalui survei periodik serta membuat baseline data-data tersebut. Kegiatan yang dilakukan meliputi (1) Rapid assessment dan habitat mapping terumbu karang dan mangrove; (2) Monitoring kualitas perairan untuk kondisi fisika, kimia, biologi perairan; serta (3) Pengambilan sampel mikroplastik. 

Melalui survei ini. Tim Dinamika Pesisir memperoleh sampel sedimen mangrove yang akan dianalisis dengan isotop Radionuklida Alam (Pb210) di Laboratorium Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN untuk mengetahui laju sedimentasinya. Tim ini juga mengumpulkan sampel mikroplastik dan kualitas perairan yang akan dianalisis di Laboratorium Kualitas Perairan (LKP) BROL. Informasi karakteristik vegetasi mangrove dan terumbu karang juga merupakan data yang menjadi target kajian.  

Data dan informasi yang dihasilkan dari survei ini dapat menjadi input dalam menjawab fenomena perubahan yang terjadi di kawasan pesisir dan laut, khususnya di perairan Taman NAsional Bali Barat dan sekitarnya serta di Selat Bali.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM