Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

BROL Bersama Departemen Kelautan Universitas Padjajaran Bandung Adakan Riset Tentang Pencemaran Mikroplastik Terhadap Laut Indonesia

Salah satu permasalahan utama lingkungan perairan di Dunia adalah adanya sampah perairan. Bebagai penelitian menunjukkan sampah perairan telah banyak mengganggu  aktifitas baik wisata, pelayaran maupun gangguan terhadap biota. Berdasarkan jenisnya  sampah  dapat dikategorikan menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sedangkan berdasarkan  ukurannya, sampah dapat digolongkan menjadi mega , makro, meso, mikro dan nano. Sampah plastik  dilingkungan perairan mengalami peningkatan yang cukup signifikan seiring dengan meningkatnya pemakaian material plastik oleh manusia. Sampah plastik di perairan akan susah terurai dan sebagian lainnya akan menjadi mikroplastik.

Berbagai penelitian terkait dengan pencemaran plastik telah banyak dilakukan di berbagai belahan dunia, salah satunya penelitian yang telah dilakukan oleh BROL dengan Agung Yunanto sebagai peneliti Utama. Agung Yunanto dalam Harian Kompas tanggal 12 Juni 2017 mengatakan bahwa Pencemaran sampah plastik, baik makro maupun mikro meluas di perairan Indonesia. Sejumlah perairan yang diteliti antara lain Selat Bali, Selat Makassar, dan Selat Rupat di Dumai. Lokasi lain yang diteliti meliputi perairan Taman Nasional Taka Bonerate di Flores, Taman Nasional Bunaken, dan Taman Nasional Bali Barat dan perairan laut dalam yang terisolasi seperti Laut Banda, pun tercemar. Pencemaran plastik mikro di Bunaken 50.000-60.000 partikel per kilometer persegi (km2), Laut Sulawesi 30.000-40.000 partikel per km2, dan Laut Banda 5.000-6.000 partikel per km2. Pengukuran ini dilakukan di Laut Banda melalui ekspedisi Kapal Barujaya 8 pada 2016.

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM