Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Peneliti BPOL Lakukan Survei Parameter Oseanografi di Teluk Pagametan

Peneliti BPOL lakukan survei dalam rangka monitoring parameter oseanografi baik fisika, kimia maupun biologi di kawasan budidaya laut teluk Pagametan, Pemuteran Bali pada Selasa, 21 Maret 2017. Monitoring ini merupakan bagian dari rangkaian survei yang akan dilakukan 4 kali untuk mewakili musim.

Survei melibatkan semua tim penelitian BPOL yaitu Observation and Ocean Modelling, Coastal Dynamic dan Ocean Remote Sensing. Agenda survei meliputi penempatan ADCP, HOBO U-24 dan U-26 data logger dan sedimen trap; pengukuran parameter fisika-kimia air menggunakan WQC-24 dan HORIBA U-50 multiparameter sensor; pengambilan sampel air untuk analisa nutrien; serta pengambilan sampel plankton. Selain itu juga dilakukan wawancara dengan pembudidaya.

Dengan survei berkala ini, diharapkan dapat diketahui karakteristik parameter oseanografi di kawasan budidaya laut. Hasilnya akan digunakan untuk membuat pemodelan laut untuk memprediksi dinamika oseanografinya. Sebagai hasil akhir, data dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha budidaya untuk mengantisipasi apabila terjadi perubahan fenomena oseanografi yang dikhawatirkan berdampak kepada usaha budidaya laut. 

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM