Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Atasi Sampah, CI Gandeng BPOL Terapkan Mangrove - Bin

Conservation International (CI) menggandeng BPOL untuk mengatasi sampah wilayah mangrove di Kabupaten Jembrana. Teknologi yang diterapkan adalah pemasangan ‘mangrove – bin’, yaitu alat perangkap sampah yang dipasang pada muara sungai di wilayah mangrove.

Pemasangan prototype untuk uji coba telah dilaksanakan pada Rabu, 15 Maret 2017, setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan; Dinas Lingkungan  Hidup; Kepala Desa sekitar wilayah mangrove; serta kelompok masyarakat Peduli Sumber Daya Air Ijo Gading. Prototype mangrove - bin dibuat oleh Fab Lab – Bandung, lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan, inovasi dan teknologi. 

Dalam sosialisasi yang dilakukan, para peserta sangat antusias dengan pengenalan teknologi ini. Apalagi, mengingat sampah menjadi isu dan perhatian prioritas pemda setempat. Dalam diskusi, beberapa masukan penting dilontarkan antara lain terkait efektivitas alat, proses pengangkutan sampah dari sungai menuju ke TPS terdekat. 

Sementara hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa alat yang telah dipasang dapat menangkap sampah dengan baik, terutama sampah rumah tangga dengan pembungkus plastik meskipun memerlukan beberapa penyempurnaan. Dengan penerapan teknologi ini diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah sampah khususnya di wilayah mangrove. Ke depan, diharapkan kerja sama lebih lanjut dengan stakeholder dalam operasional ‘mangrove bin’

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM