Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Menjadi Nelayan Modern dengan Aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN)

Kegiatan sosialisasi Implementasi Aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) diselenggarakan di Kupang pada 22 November di Kupang. NELPIN merupakan sistem aplikasi yang dapat membantu nelayan dalam menentukan daerah penangkapan ikan, yang dilengkapi dengan informasi cuaca perairan, kesuburan perairan, informasi pelabuhan, grafik harga ikan dan grafik sebaran ikan. Materi yang disampaikan yaitu proses download aplikasi NELPIN via playstore untuk android  dan appstore untuk apple ios hingga pengenalan berbagai fitur dalam aplikasi.

Menariknya, nelayan juga dapat menghitung estimasi bbm dalam premium dan jarak tempuh lokasi menggunakan aplikasi ini. Tim dari BPOL yang diwakili oleh Fikrul Islamy, S.Pi dan Sri Hadianti, S.Pi secara khusus mempresentasikan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI), yang merupakan salah satu fitur dalam aplikasi Nelayan Pintar. Materi meliputi perkenalan PPDPI, cara membaca, paparan profil kerangka kerja PPDPI dan cara mengakses PPDPI.

Dengan aplikasi ini, diharapkan dapat membantu nelayan dalam aktivitas penangkapan ikan sehingga menjadi lebih efektif. Nelayan dapat langsung menuju ke titik penangkapan ikan tanpa harus berputar – putar sehingga menghemat bahan bakar maupun logistik. Dengan cara modern ini tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan. Selain Kupang, sosialisasi implementasi Nelayan Pintar juga dilaksanakan di beberapa lokasi lainnya, antara lain Lombok Timur, Mempawah, Pangkal Pinang, Pangandaran dan Belitung. 

 

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM