Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71

Wilayah Selat Bali memiliki arti strategis karena mengandung potensi sumberdaya alam dan jasa-jasa lingkungan yang sangat kaya serta menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi kawasan berbasis sumberdaya pesisir dan laut seperti perikanan, industri dan pariwisata, baik di wilayah Provinsi Bali maupun di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Sebagai satu kesatuan ekologis, wilayah pesisir dan laut Selat Bali memiliki nilai konservasi tinggi karena mengandung keanekaragaman hayati yang tergolong tinggi baik pada tingkat jenis maupun ekosistem dimana secara langsung maupun tidak langsung menopang tingginya produktivitas hayati di wilayah tersebut pengelolaan sumberdaya alam dan jasa-jasa lingkungan di wilayah pesisir dan laut Selat Bali menghadapi berbagai permasalahan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup yang dapat mengancam keberlanjutan fungsi-fungsi kawasan tersebut dalam menunjang pembangunan.

Permasalahan yang nyata di wilayah ini antara lain konflik pemanfaatan sumberdaya perikanan, pencemaran lingkungan baik bersumber dari aktivitas di laut maupun di daratan, degradasi habitat pesisir, dan kemerosotan keanekaragaman hayati. Mengacu pada tugas Balai Penelitian dan Observasi laut yaitu melaksanakan penelitian dan observasi sumber daya laut Peneliti BPOL yang tergabung dalam Tim Ocean Remote Sensing (ORS) akan mengadakan survey di Selat Bali . Survey rencananya akan diadakan sebanyak 4 periode, periode pertama diadakan  pada tanggal 27 Februari 2017 sd 02 Maret 2017. Terkait persiapan survey, hari ini tanggal 14 Februari 2017 diadakan pelatihan pengoperasian alat Biosonic yang di pandu oleh salah satu Peneliti BPOL yaitu Bapak Eko Susilo, S.Pi. Dimana fungsi dari alat tersebut yaitu untuk mengetahui/ mendeteksi schooling ikan. Namun pada survey kali ini akan lebih mengacu ke schooling jenis ikan lemuru mengingat habitat lemuru semakin menipis di Selat Bali.

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM