Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Berita Penelitian

Terumbu karang termasuk salah satu ekosistem paling rentan di dunia. Beberapa literatur menyebut faktor pemicu yang mengganggu kesehatan karang diantaranya pemutihan, polusi, dan limbah industri. Juga dapat diakibatkan oleh pembangunan di kawasan pesisir yang tidak memiliki amdal, sedimentasi, predator, penyakit, suhu ekstrim, dan munculnya spesies invasif yang menyebabkan kompetisi antar karang.

Read more ...


Ekosistem mangrove memiliki keterkaitan erat terhadap perubahan iklim. Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir dapat meningkatkan resiliensi masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam seperti tsunami, badai, dan gelombang (fungsi adaptasi). Mangrove turut serta dalam mengendalikan perubahan iklim dengan berperan sebagai paru-paru dunia melalui penyerapan dan penyimpanan karbon biru (fungsi mitigasi). Selain berfungsi sebagai pelindung pantai dan ‘karbon biru’ (blue carbon), mangrove merupakan nursery ground dan habitat biota yang bernilai ekonomis seperti ikan, kepiting, dan udang (manfaat untuk livelihood).

Read more ...

Nusa Dua (16/02). Salah satu hasil dari side event dalam Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) yang diselenggarakan pada tahun lalu adalah Mars Coral Spiders atau Laba-laba MARRS (Mars Accelerated Coral Reef Rehabilitation System). Laba – laba MARRS adalah struktur terumbu karang buatan yang merupakan bagian dalam Nusa Dua Coral Reef Garden (NDCRG) dan telah terpasang pada kedalaman 7 – 10 meter di daerah reef slope di Nusa Dua. Dengan transplantasi buatan ini memungkinkan anakan karang dapat ditempel untuk tujuan mengisi celah antara karang alami yang tersisa. Adapun genus karang yang ditransplantasi pada struktur tersebut ialah Scleractinia, diantaranya: Acropora, Pocillopora, Stylophora, dan Galaxea.

Read more ...

Pertemuan Internasional Monetary Fund (IMF) – World Bank Group (WBG) Annual Meeting di Nusa Dua, Bali, tanggal 8-14 Oktober 2018, ternyata tidak melulu membicarakan persoalan ekonomi. Diantara acara perhelatan akbar itu, juga digelar acara penanaman karang yang bertempat di depan Pantai Sofitel, Bali Nusa Dua Beach Resort. Tak hanya sekedar seremoni, transplantasi karang di Nusa Dua kedepannya digadang dapat menjadi pusat representasi karang yang ada di Indonesia. Karang dari berbagai kawasan Indonesia termasuk yang ada dalam segitiga karang dunia (coral triangle center), direncanakan akan ditanam di lokasi ini.

Read more ...

Laboratorium Alam mengelola situs laboratorium monitoring kualitas air di sejumlah perairan pesisir di Indonesia. Pemantauan kualitas air di wilayah pesisir yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu langkah nyata untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan pesisir dan upaya pengendalian terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat mencemari dan atau merusak lingkungan pesisir. Aktivitas manusia seperti penangkapkan ikan, pertambakan, pelabuhan perikanan, dan limbah pemukiman diduga berpengaruh terhadap perubahan kondisi kualitas air di wilayah pesisir.

Read more ...

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR