Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jembrana (26/10). Aksi Generasi Muda Peduli Pesisir dan Sungai menjadi bagian dari giat semarak HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke-22. Aksi ini dilaksanakan secara serentak oleh 45 Satuan Kerja lingkup BRSDM didukung oleh Lembaga Swadaya Masyarakat peduli lingkungan. Rangkaian kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan Aksi Pemuda Jaga Iklim yang diinisiasi EcoNusa Foundation.

Dalam aksi kali ini, BROL turut mendukung dengan bersih pantai Perancak dan tanam mangrove di kawasan observasi Perancak. Sejumlah stakeholder turut terlibat, diantaranya Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jembrana dan Perangkat Desa Perancak, RSU BaliMed Negara selaku mitra kerja sama, Mahasiswa Universitas Pattimura dan Universitas Muhammadiyah Malang, serta Kurma Asih Turtle Conservation.

"Kegiatan ini sangat penting. Selain dalam rangka memeriahkan HUT KKP Ke-22, kegiatan ini sekaligus menjadi wadah untuk kita saling mengetahui kondisi di lapangan dan salah satu bentuk nyata untuk mengajak elemen masyarakat terlibat penuh dalam peningkatan kesadaran akan kebersihan lingkungan," pesan Kepala BROL, Dr. Teja Arief Wibawa, saat membuka acara.

"Kita harus menyadari bahwa sampah di pesisir dan laut itu berasal dari darat, dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengontrolnya. Kami sangat berharap kita mampu meningkatkan kesadaran diri kita akan pentingnya memilah dan membuang sampah pada tempat yang seharusnya dan kepedulian terhadap ekosistem pesisir yang menopang kehidupan di lingkungan kita," tambah Teja.

Meski sempat diguyur gerimis, peserta berhasil membersihkan 183 kg sampah anorganik yang terdiri dari plastik, styrofoam, karet, dan botol di Pantai Perancak dan menanam 100 mangrove jenis Bruguiera, sp. di kawasan observasi milik BROL. Aksi Generasi Muda Peduli Pesisir dan Sungai ini diharapkan mampu menyukseskan cita-cita KKP di usianya kini: Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera.

 

Agenda Kegiatan

No events found
No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR