Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Bangka Tengah (02/07). Penandatanganan perjanjian kerjasama pengembangan Aplikasi Sidolpin dan Kios Maritim antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan dengan Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia digelar di Ruang Rapat Bupati Bateng, Senin (28/06/2021).

Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc., selaku Kepala Riset Kelautan, Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan RI, menyampaikan bahwa ini adalah transformasi produk Sidolpin yang dikembangkan berupa produk-produk peta yang lebih spesifik. Tentunya ini sangat membantu pelaku aktivitas kelautan dan perikanan dengan memanfaatkan semua data-data yang ada.

"Ini adalah contoh hilirisasi antara produk-produk riset dan bagaimana kita melakukan kajian-kajian secara saintifik yang kemudian dihilirisasikan kepada Pemda yang nanti berinteraksi langsung dengan pengguna dalam hal ini nelayan," terangnya.

Sementara itu Algafry Rahman S.T., dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Bateng melalui Dinas Perikanan berkomitmen dan berupaya dalam mengeksplorasi atau memanfaatkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan secara optimal dan berkelanjutan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Bangka Tengah.

"Untuk mewujudkan itu, Pemkab Bateng melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan BRSDMKP KKP RI akan terus meningkatkan implementasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan riset kelautan dan perikanan di Bangka Tengah. Sinergi ini bisa melalui pelatihan, penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi dengan adanya pengembangan aplikasi ini sangat memudahkan nelayan," kata Algafry.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Perikanan, Taufik, S. P. M.M., mengatakan bahwa Pemkab Bateng telah meresmikan Kios Maritim atau Center Of Information Services (COIS) yang merupakan pusat informasi dan pelayanan publik yang terintegrasi di kawasan TPI Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru. Kios Maritim ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat kelautan dan perikanan dalam mendapatkan data dan informasi.

"Ini sangat memudahkan bagi nelayan. Dengan aplikasi ini nelayan bisa tahu dimana titik ikan atau cumi-cumi dan lain sebagainya berada, jadi mereka bukan lagi mencari ikan melainkan langsung menangkap ikan," pungkas Kadin Perikanan. *(RIS/APJ/ foto:DDY)

sumber

Agenda Kegiatan

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR