Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Lombok Barat (09/06). Indonesia bersama Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon tergabung dalam CT6 Countries (Coral Triangle Countries). Keberadaan negara-negara ini menjadi sangat penting bagi keanekaragaman terumbu karang di wilayah Asia Pasifik. Tentu, ini menjadi perhatian global. Lewat Coral Triangle Day, refleksi dan kampanye untuk menyuarakan betapa pentingnya kelestarian ekosistem terumbu karang kepada khalayak rutin dilakukan.

Tiap tahun, peringatan Coral Triangle Day diwarnai beragam bentuk kegiatan oleh kelompok dan/atau individu yang memiliki perhatian lebih terkait isu kelestarian terumbu karang. Tak ketinggalan, BROL tahun ini merayakan Coral Triangle Day dengan memberikan sosialisasi terkait implementasi BIOREEFTEK di wilayah perairan pesisir kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Deep Blue Sea Kecamatan Sekotong pada Selasa (09/06) di Aula Balai Perikanan dan Budidaya Laut (BPBL) Lombok. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar dan Mahasiswa Universitas Brawijaya yang sedang melakukan penelitian di Lombok Barat. 

Mengawali sosialisasi, Junaidi, S.H., Subkoordinator Pengujian dan Dukungan Teknis BPBL mewakili Kepala BPBL, menyampaikan sambutan pembukaan acara. Junaidi menyebutkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kerja sama riset kedepannya. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Muhammad Barmawi, M.Sc., Subkoordinator Pendayagunaan dan Pelestarian BPSPL Denpasar wilayah kerja Nusa Tenggara Barat, bahwa sosialisasi ini sangat menarik untuk dikembangkan dengan kolaborasi yang lebih luas dan dikaitkan dengan program BPSPL di salah satu kawasan perairan TWP Gitanada yaitu Coral Stock Assessment di Elak-elak. 

Umar, Ketua Deep Blue Sea menyebutkan, “Sosialisasi ini perdana bagi kami dan isinya menarik. Kegiatan kami di sini juga erat terkait dengan penyelaman dan tentunya ilmu baru ini sangat klop untuk kami dapat terapkan nantinya dibawah bimbingan Pak Elvan (Peneliti BROL-Inventor BIOREEFTEK). Kami berterima kasih atas kegiatan ini, dan mohon bimbingannya selalu. Kami mewakili masyarakat pesisir di Kecamatan Sekotong siap dibina dan berkolaborasi untuk menjaga lingkungan pesisir di sini, kami juga menyadari bahwa kian kemari, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan pesisir menjadi hal yang tak boleh dielakkan. Kita harus bergerak bersama saling mengisi.” 

Dalam kesempatan tersebut, Elvan juga berbagi cerita sukses pelatihan BIOREEFTEK bagi Kelompok Masyarakat Pengawas se Jawa Timur yang pernah dilakukan beberapa tahun silam. Ini tentu diharapkan dapat mendorong Deep Blue Sea agar mulai menyusun langkah yang sama. 

“Deep Blue Sea masih akan kami pantau kedepannya. Tadi usai sosialisasi kami juga bagikan leaflet yang berisi infomasi lengkap mengenai BIOREEFTEK untuk mereka dapat pelajari lebih lanjut dan nomor kontak Layanan Kehumasan BROL bilamana ada pertanyaan dan koordinasi lebih lanjut yang diinginkan. Pada dasarnya, kegiatan serupa ini sudah menjadi bagian dari kami BROL tiap tahun. Bertepatan dengan Coral Triangle Day tahun ini, semangat juang ini terasa kian menggebu. AYO! kita bersama menjaga kelestarian ekosistem dan keanekaragaman terumbu karang kita!” kesan Elvan.   

Agenda Kegiatan

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR