Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Lombok Barat (08/06). Tim riset “Pemanfaatan Data Satelit, Observasi, dan Pemodelan untuk Wilayah Pesisir” lakukan survei lapang di lokasi kedua, Perairan Taman Wisata Perairan (TWP) Gitanada, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sama dengan survei di lokasi pertama, tim akan mengambil sampel dan data lapangan untuk kajian terkait sampah laut, mangrove, lamun, terumbu karang dan kualitas air.

Keberangkatan tim menuju lokasi via perjalanan darat dimulai pada Selasa, 08 Juni 2021, bertepatan dengan Hari Laut Sedunia.

“Momen survei lapangan kali ini begitu berkesan. Bertepatan dengan Hari Laut Sedunia, kami melaut, itung-itung ikut merayakan dan menyemarakkan,” kata E. Elvan Ampou, Peneliti BROL selaku penanggung jawab riset pesisir. 

Kegiatan tim diawali dengan pertemuan teknis bersama para personil yang terlibat pada hari Rabu (09/06) di Aula Balai Perikanan dan Budidaya Laut (BPBL) Lombok. 

“Pertemuan teknis kami lakukan bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Deep Blue Sea, warga lokal, dan 2 orang Analis laboratorium yang akan membantu teknis di lapangan. Mereka terlibat sebagai pemangku kepentingan yang mengetahui seluk-beluk wilayah di sini dan akan bergabung bersama tim kajian untuk mengambil sampel di lapangan. Pada kesempatan yang sama, turut serta dalam diskusi, rekan kami dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar wilayah kerja Nusa Tenggara Barat. Keberadaan mereka sangat berarti terlebih nanti saat menyebarluaskan informasi hasil riset ini kepada kelompok warga lainnya. Bersama mereka kami berharap dapat mewujudkan kolaborasi yang apik, tak hanya sekadar meneruskan info saja, tapi juga nantinya untuk saling memulai aksi sebagai langkah antisipasi oleh masing-masing individu dalam mengambil perannya untuk menjaga lingkungan perairan pesisir dan laut sekitar yang lebih baik lagi. Diharapkan juga bahwa kajian ini dapat menjadi salah satu informasi/data dukung dalam pengelolaan ruang laut yang berkelanjutan termasuk komoditas budidaya perikanan laut di kawasan perairan Indonesia, khususnya perairan TWP Gitanada. Satu lagi, riset tak afdol rasanya bila tak melibatkan masyarakat. Selamat hari laut sedunia, ya!” Tambah Elvan. 

Pemanfaatan Data Satelit, Observasi, dan Pemodelan untuk Wilayah Pesisir

 

Agenda Kegiatan

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

May
5

05.05.2021 - 31.12.2021

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR