Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jembrana (30/04). Pemanfaatan data satelit, observasi, dan pemodelan untuk wilayah pesisir merupakan salah satu kegiatan riset BROL di tahun 2021. Ada 3 wilayah perairan yang menjadi lokasi riset yaitu Sumberkima, TWP Gita Nada, dan Perancak. Observasi sampah laut adalah bagian penting yang tak terpisahkan sebagai data dukung dalam riset ini. 

Deployment dua buah GPS Trash Detector untuk mendeteksi pergerakan sampah laut berhasil dilakukan saat survei awal di Sumberkima. Hasil awal menunjukan pergerakan alat tersebut berada di sekitar keramba Teluk Sumberkima, dan lainnya menuju ke Teluk Trima sekitar 12 km dari lokasi. Data pergerakan GPS tersebut menjadi data dukung dalam trajektori sampah laut di lokasi riset.

Hal yang sama juga telah dilakukan pada Kamis (29/04) lalu di wilayah perairan Estuari Perancak, tepatnya di Sungai Samblong dan Sungai Ijo Gading. Deployment dua buah GPS Trash Detector di lokasi tersebut dipimpin oleh Dr. Agung Yunanto sebagai Penanggung Jawab (PJ) tim riset, bersamaan dengan survei rutin bulanan tim Laboratorium Alam untuk pemantauan status mutu kualitas air Estuari Perancak.

“Kami menggandeng 4Ocean dalam deployment di kedua sungai tersebut. Kebetulan, lokasi yang sama merupakan area kerja mereka. Deployment ini bertujuan untuk menguji kesiapan alat dan pergerakannya. Alat tersebut diumpamakan sebagai sampah lautnya, di dalamnya sudah ada GPS yang akan merekam perjalanannya. GPS Trash Detector yang kami deploy ini dibuat oleh tim peneliti dan litkayasa BROL,” kata Agung.

GPS Trash Detector

“Besar harapan kami, 4Ocean dapat jadi mitra kami dalam hal pemantauan sampah laut ini. Pertukaran informasi jadi langkah awal penjajakan diantara kami. Selain itu juga, kondisi di lapangan mereka lebih paham, karena setiap hari mereka pasti menyusurinya,” tambahnya.  

Dari riset ini, diharapkan ouput akhir berupa pemodelan sebaran sampah untuk mendukung rekomendasi kebijakan pengelolaan ekosistem pesisir yang berkelanjutan. 

Agenda Kegiatan

No events found
No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR