Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Buleleng (10/04). Ada dua topik dalam kegiatan riset BROL tahun 2021, diantaranya ialah riset pemanfaatan data satelit, observasi, dan pemodelan untuk wilayah pesisir. Riset ini akan dilakukan di Taman Wisata Perairan (TWP) Gita Nada (Lombok), Sumberkima (Bali), dan Perancak. Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang perubahan iklim dan nomor 17 tentang kehidupan bawah laut menjadi bagian penting yang melatarbelakangi kegiatan riset ini.

Kegiatan dalam riset ini diawali pada senin (05/04) lalu dengan agenda pengambilan data dan survei lapang di perairan Sumberkima, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan awal di hari pertama tersebut ialah melakukan koordinasi teknis di Kantor Balai Desa Sumberkima bersama kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas), kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis), kelompok metamorfosa serta perangkat daerah setempat yang dipimpin oleh Perbekel selalu pemangku kepentingan wilayah. Warga setempat yang diwakili oleh masing-masing anggota kelompok yang hadir akan dilibatkan dalam kegiatan pengambilan data di lapangan pada hari kedua hingga hari kelima. 

Para pengambil data dibagi menjadi 5 tim survei, yaitu tim terumbu karang, tim lamun, tim mangrove, tim trajektori sampah laut, dan tim kualitas air pada stasiun pengambilan data yang sudah ditentukan.

“Tindak lanjut dari kegiatan survei dan pengambilan data lapang ini adalah melakukan pengolahan data lapang yang telah dilakukan penginputan serta dilanjutkan dengan analisis sehingga dapat menjadi bahan laporan kegiatan riset serta bahan penyusunan karya tulis ilmiah untuk kepentingan diseminasi. Target penyelesaian tindak lanjut dari kegiatan survei dan pengambilan data lapang ini adalah tiga (3) bulan, sehingga diharapkan pada Juli 2021 sudah dapat terselesaikan,” ungkap Eghbert Elvan Ampou, Peneliti BROL yang bertugas sebagai ketua tim kegiatan riset ini. 

Survei juga akan kembali dilaksanakan pada Juni 2021 dengan lokasi TWP Gita Nada (Lombok) dan kawasan mangrove Perancak. Sedangkan hasil rekomendasi akan didiseminasikan pada para stakeholder pada November 2021. Sebagai output akhir, riset ini diharapkan menghasilkan data dan informasi mendukung perumusan kebijakan terkait pengelolaan kawasan pesisir, terutama terkait dengan pengelolaan sampah laut. Hal ini sesuai dengan motto dari SDGs :"A blueprint to achieve a better and more sustainable future for all by 2030". 

Agenda Kegiatan

No events found
No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR