Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Karangasem (27/11). Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dalam kegiatan kenelayanannya di Karangasem pada Jum’at lalu mengundang Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) sebagai salah satu pengisi acara. Kegiatan yang melibatkan puluhan nelayan di Pantai Amed ini juga menjadi salah satu agenda kunjungan kerja lapangan Gubernur Bali, I Wayan Koster. Diseminasi produk hasil riset Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) berlangsung dalam kegiatan ini. 

Eko Susilo selaku Kepala Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan BROL berkesempatan memberikan sosialisasi aplikasi Laut Nusantara kepada nelayan yang hadir.

“Sosialisasi ini sebagai bentuk dari upaya kami menyebarluaskan informasi hasil riset juga membantu menyiapkan nelayan Indonesia untuk siap memacu pengetahuan dan kemampuannya seiring perkembangan zaman. Kami berharap, informasi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) yang tertuang dalam aplikasi Laut Nusantara mampu menjadi bekal para nelayan sebelum melaut dan merubah paradigma mencari ikan jadi menangkap ikan,” urai Eko. 

Sebelumnya, beberapa dari nelayan yang hadir sudah tergabung dalam grup WhatsApp Nelayan Cerdas Karangasem yang digagas oleh BROL dan rutin mendapatkan informasi PPDPI dari Lab. PJK BROL. 

“Kami sudah lumayan akrab dengan PPDPI ini. Berdasarkan pengalaman saat menggunakannya, kami jadi dimudahkan untuk mencari lokasi yang berpotensi ada ikan. Meski terkadang meleset beberapa meter, namun hasil tangkapan kami dapat bertambah dan jadi lebih baik,” kesan I Nyoman Kajanan, Ketua Kelompok Nelayan Mina Astiti Asih Amed, salah satu penerima 1 kit set aplikasi Laut Nusantara. 

Tak hanya sosialisasi, dalam kesempatan tersebut BROL mendistribusikan 5 kit aplikasi Laut Nusantara untuk perwakilan Nelayan Cerdas Karangasem yang diserahkan langsung oleh Dr. Teja Arief Wibawa, Kepala BROL; Rochma Widia Lestari, M.Si., Sub Koordinator Pelayanan Teknis BROL; dan I Made Sukarnawan, Territory Sales Manager XL Axiata Wilayah Gianyar, Singaraja dan Karangasem. 

Kepala BROL juga menyerahkan buku Sumber Daya Laut dan Pesisir Perairan Selat Bali kepada I Ketut Purianta, S.Pi., M.Si. Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali. 

 

Agenda Kegiatan

No events found
No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR