Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Denpasar (09/01). Ada 11 narasumber yang menyampaikan hasil penelitiannya dalam kegiatan ini. Dua diantaranya berasal dari Balai Riset dan Observasi Laut, yaitu Dr. I Nyoman Radiarta, Kepala BROL, dan Amandangi Wahyuning Hastuti, S.Ik., Peneliti BROL. 

3rd Symposium of Human Resource Development and Space Data Utilization for Disaster diselenggarakan oleh CReSOS Universitas Udayana, didukung oleh National Institute for Educational Development (NIED), Tokyo University, Yamaguchi University, Asian Disaster Reduction Center (ADRC), BNPB Bali, KKP, & BMKG, berlangsung di Ruang Seminar Kampus Pascasarjana Universitas Udayana. Acara ini merupakan bagian dari implementasi kesepakatan kerja sama antara Universitas Udayana dan Yamaguchi University.

Tujuan dari acara ini adalah untuk menyajikan penelitian lanjutan tentang manajemen bencana melalui pengembangan sumber daya manusia dan pemanfaatan penginderaan jauh.  

Acara dibuka oleh sambutan pengantar yang disampaikan oleh Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc., Ph.D., Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Pascasarjana Universitas Udayana, disambung pembukaan oleh Prof. Masahiko Nagai dari Yamaguchi University. 

Dr. I Nyoman Radiarta menyampaikan “Spatial Distribution of Fishing Vessel by using Radar Sentinel 1A/1B in Indonesian Waters” dan Amandangi Wahyuning Hastuti, S.Ik. menyampaikan “Coastal Vulnerability Assessment of Bali Island using Coastal Vulnerability Index (CVI)”.

Dalam paparannya, Radiarta menyebutkan, “Kajian ini dilakukan menggunakan aplikasi seonse yang diintegrasikan dengan data VMS, AIS, dan data radar. Tidak semua perairan Indonesia dapat diobservasi menggunakan sentinel”.

“Pada 2019, ada 3 WPP yang menjadi objek penelitian terkait IUU Fishing, yaitu, WPP 711-Natuna, WPP 716-Sulawesi, dan WPP 718-Arafura, dan masih banyak kapal di sana yang tidak terhubung dengan data AIS/VMS”, tambahnya. 

Amandangi dalam presentasinya menyebutkan,”Beberapa daerah pantai di Pulau Bali, perlu ada upaya pencegahan untuk mengatasi erosi dari kenaikan permukaan air laut. Infrastruktur pulau juga perlu disesuaikan dengan perubahan pola cuaca”.

“Pariwisata di dataran rendah Bali memiliki ancaman kerusakan yang diakibatkan oleh ombak saat pasang tinggi yang ekstrem. Sebagian besar daerah ini juga belum memiliki zona penyangga “, tambahnya. 

 

Agenda Kegiatan

Mar
11

11.03.2020 - 13.03.2020

Feb
3

03.02.2020 - 28.02.2020

Feb
3

03.02.2020 - 28.02.2020

Feb
3

03.02.2020 - 28.02.2020

Feb
3

03.02.2020 - 28.02.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR