Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jakarta (09/08). Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK) ialah laman penyedia data dan informasi hasil riset BROL, dapat diakses melalui [http://118.97.27.101/]. Pengguna harus melakukan registrasi secara online terlebih dahulu untuk mendapatkan hak akses. Sejak diluncurkan pada Agustus 2018, pengguna SIDIK saat ini sudah mencapai sekitar 450 pengguna dari ragam latar belakang institusi dan tujuan pemakaian, baik untuk riset, pemakaian pribadi, maupun layanan masyarakat. Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) merupakan informasi yang paling sering diunduh. Guna mengidentifikasi respon balik dan sejauh mana data digunakan, BROL menyelenggarakan Stakeholders Meeting demi pengembangan SIDIK yang lebih baik.

Stakeholders meeting pengguna SIDIK bertujuan untuk menampung respon balik dari Stakeholders; mewujudkan penghiliran data dan informasi hasil riset yang tepat sasaran; dan mengidentifikasi pemanfaatan data dan informasi hasil riset. Kegiatan tersebut telah berlangsung pada hari Jum’at (09/08) di Ruang Gabus, Gedung Mina Bahari IV, Jakarta.

Kegiatan dihadiri oleh Top users SIDIK, diantaranya Bakamla RI, UPT Stasiun Muara Badak-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, PT Spasi Indonesia, dan PT Daya Gagas Indonesia. 

Acara dibuka secara langsung oleh Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D., FRINA., Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.  Beliau menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat, butuh masukan dari para pengguna data agar data yang dimiliki BROL sempurna. Sjarief juga mendorong BROL untuk meningkatkan data dan pengguna SIDIK dengan melakukan roadshow ke berbagai instansi, dan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah. Acara dilanjutkan dengan paparan oleh Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc., Kepala BROL, beliau menjelaskan tentang produk unggulan riset BROL yang ditampilkan dalam SIDIK. SIDIK berisi data informasi hasil riset BROL meliputi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI); Peta Lokasi Penangkapan Ikan (Pelikan) Tuna, Cakalang dan Lemuru; pasang surut; buoy pantai; data citra satelit; data model; bioreeftek; mangrove; mutu Estuari Perancak, dan data insitu. 

Radiarta menambahkan, “Kerja sama dibidang riset kelautan dan perikanan sangat diperlukan untuk menciptakan kebijakan terhadap pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang lebih baik. Harapan kami, SIDIK dapat menjadi gerbang BROL tergabung dalam National Oceanographic Data Center (NODC) dan dalam level internasional menuju Indonesian Global Ocean Observing System (INAGOOS).

Stakeholders yang hadir juga berkesempatan memberikan paparan penggunaan data yang diunduh. Berdasarkan hasil diskusi, para stakeholders akan difasilitasi ruang diskusi teknis melalui grup obrolan untuk kemudahan penjalinan komunikasi dan pengembangan berikutnya. 

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR