Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jembrana (29/08). Kolaborasi antara Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan PT XL Axiata, Tbk., melahirkan aplikasi digital yang membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja masyarakat nelayan Indonesia. Aplikasi Laut Nusantara, dikenal juga dengan aplikasi untuk mengetahui wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, dan kondisi cuaca di laut, membantu nelayan Indonesia mendapatkan hasil tangkapan yang lebih baik. Sampai saat ini, Laut Nusantara sudah dikembangkan pada tahap versi 1.3. Seperti apa keunggulannya?

Pembaruan aplikasi Laut Nusantara Versi 1.3 diisi dengan tampilan dan fitur yang lebih lengkap. Unggul dibanding versi sebelumnya, Laut Nusantara versi 1.3 telah dilengkapi fitur Rencana Rute Perjalanan, Tombol Darurat, Satellite View, Feedback, dan FAQ.

“Kami berharap, nelayan makin dimudahkan dengan adanya pembaruan ini. Melalui pembaruan ini juga kami memacu nelayan agar makin terbiasa dengan perkembangan teknologi yang ada”, ungkap Yessy D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Peluncuran aplikasi Laut Nusantara dilakukan oleh Prof. Ir. R. Sjarief Widjadja, Ph.D., FRINA., Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, dalam acara Gebyar Inovasi Bahari 2019, bertempat di Aula Gedung Observasi Laut Nasional, Perancak. Tak sendiri, ditemani oleh Dr. Ir. Aryo Hanggono, DEA., Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut; Drs. Riyanto Basuki, M.Sc., Kepala Pusat Riset Kelautan; Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc., Kepala BROL; Yessy D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata; Mochamad Imam Mualim, Group Head East Region XL Axiata; Dr. Ir. Ibnu Saleh, M.M., Bupati Bangka Tengah; dan, I Made Kembang Hartawan, S.E., M.M., Wakil Bupati Jembrana.

Peluncuran ditandai dengan pemutaran Teaser Laut Nusantara versi 1.3, dilanjutkan dengan distribusi aplikasi Laut Nusantara kepada perwakilan nelayan Jembrana, dari kecamatan Melaya, desa Perancak, dan desa Yeh Kuning.

“Hadirnya teknologi digital ini merupakan bagian dari kegiatan pemantauan laut yang selama ini kami lakukan menggunakan satelit, untuk mendeteksi dimana kumpulan ikan berada setiap hari. Ini kita kenalkan ke nelayan supaya mereka tau dan dapat meningkatkan kesejahteraannya”, kata Sjarief.

Simak aplikasi Laut Nusantara versi 1.3 lebih lengkap pada tautan berikut: 

Teaser Laut Nusantara versi 1.3 

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR