Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jembrana (22/07). Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) hingga akhir tahun 2019 masih akan menjalani pembinaan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebagai PUI, BROL telah mengembangkan Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK) sebagai laman yang menyediakan ragam data dan informasi hasil riset BROL. Guna pencapaian hasil pembinaan yang maksimal, Senin (22/07) tim penilai mengadakan supervisi dengan agenda berupa progres kegiatan, tindak lanjut rencana, positioning lembaga, dan administrasi insentif.

Tim supervisor terdiri dari tiga orang yakni Ivonne Milichristi Radjawane Ph.D., Ir. Aida Sartimbul Ph.D., dan Mely Maulidiani, S.Si., memulai kegiatan supervisi dengan pengantar dan menelaah pemaparan teknis kegiatan PUI Sistem Prediksi Kelautan yang disampaikan oleh Ketua PUI, Komang Iwan Suniada, M.Si., di Ruang Rapat Gedung Utama BROL.

Komang Iwan menyampaikan, “Visi BROL dalam PUI ialah sebagai pusat unggulan dalam kegiatan riset dan observasi sumber daya laut dengan tugas melaksanakan riset dan observasi sumber daya laut. Adapun fokus bidang yang diunggulkan ialah data citra satelit, data pengukuran lapangan dan, data pemodelan oseanografi. Kami berharap hal ini dapat menjadi cikal bakal terbentuknya National Oceanographic Data Center (NODC) di Indonesia”.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili tim supervisor, Mely menyampaikan bahwa terdapat perbedaan kombinasi dengan pembinaan PUI di tahun 2018, dimana masing-masing bidang memiliki 9 indikator. Tahun ini, ada 27 indikator dengan kombinasi 11 indikator dalam bidang Sourcing-Absorptive Capacity, 8 indikator dalam bidang Research & Development Capacity, dan 8 indikator dalam Disseminating Capacity.

“Tahun ini, positioning  lembaga juga akan ditentukan berdasarkan kuadran positioning antara Basic Research, Natural Science, Applied Research, Experimental Development, dan Socio-Humanities Sciences”, tambah Melly.

Berdasarkan yang diungkap Melly, positioning PUI BROL berada pada Kuadran II yaitu Penelitian hilir (applied research) di bidang eksak/ilmu alam (natural science).

Di akhir acara, mewakili tim supervisor, Ivonne Milichristi Radjawane Ph.D., berpesan bahwa kegiatan PUI di BROL sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan lagi agar dapat maksimal dengan tetap mengacu pada input, process, dan output kegiatan. 

“Mencari peluang melalui jejaring lembaga untuk mencapai goal peningkatan kompetensi peneliti juga harus dilakukan, karena, kolaborasi akan mampu memperkaya hasil penelitian. Roadmap progres kegiatan per tahun yang terukur harus dapat dijabarkan dalam sebuah facts & figures yang menarik, dan tak kalah penting ialah ketentuan penggunaan data wajib dicantumkan pada laman SIDIK”, tambah Ivonne. 

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR