Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Bakti Inovasi Teknologi (BIT) pada Senin (05/08) mendatang di Pantai Masceti, Gianyar, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) 2019, menjadi momentum strategis bagi penghiliran produk unggulan hasil riset Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Sebagai unit pelaksana teknis Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), BROL memiliki produk-produk hasil riset unggulan melalui landasan Pusat Unggulan IPTEK (PUI) “Sistem Prediksi Kelautan” dan Laboratorium Riset Kelautan yang terdiri dari Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan, Laboratorium Observasi dan Pemodelan Laut, Laboratorium Kualitas Perairan, Laboratorium Alam, dan Bali Radar Ground Receiving Station (BARATA).

Produk unggulan hasil riset BROL diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjaga keseimbangan ekosistem sehingga menjamin keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan. Melalui riset dan pengembangan, manusia mampu menjabarkan wawasan ilmiah sebagai landasan untuk menciptakan kontribusi. Guna mewujudkannya dan dalam rangka turut memeriahkan Peringatan HAKTEKNAS ke-24 oleh Kemenristekdikti, BROL memberikan kontribusi sebagai bentuk bakti inovasi teknologi hasil riset dan observasi dengan rangkaian kegiatan “Pelatihan Pembuatan Bioreeftek dan Sosialisasi Aplikasi Laut Nusantara” yang akan memberikan nilai tambah serta pemahaman kepada masyarakat kelautan dan perikanan mengenai arti pentingnya riset dalam meningkatkan kesejahteraan hidup dan menumbuhkan rasa peduli terhadap ekositem laut dan pesisir. 

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc., menyatakan, “Produk-produk unggulan yang dihasilkan dari riset inovatif di bidang kelautan, salah satunya ditujukan untuk  menciptakan kesadaran masyarakat nelayan dalam memanfaatan teknologi untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan. Pada kegiatan kali ini kami juga akan deploy Bioreeftek dan mendistribusikan aplikasi Laut Nusantara kepada perwakilan nelayan perikanan tangkap dari seluruh Kabupaten pesisir di Bali”.

Sejalan dengan rangkaian Inovasi Bahari BROL 2019, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan stimulasi kepada masyarakat untuk mulai memberikan kontribusinya dalam menjaga lingkungan sesuai dengan tugas dan peran masing-masing. 

Dr. Ir. Aryo Hanggono, DEA., Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, menyampaikan, “Masyarakat nelayan  harus kita gandeng untuk turut berkembang seiring laju teknologi yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0 saat ini. Hasil riset kelautan harus inovatif dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat nelayan. Sudah saatnya bagi kita untuk siap bertransformasi”. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BROL, Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan - Kemenristekdikti, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar, dan didukung oleh PT XL Axiata, Tbk.

 

Info lebih lanjut:

Afriza Aziz, S.Kel.

087 888 999 135

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR