Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jembrana (27/06). Guna pemenuhan kebutuhan hidup dan peningkatan kesejahteraan, manusia melakukan aktivitasnya dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam sangat membutuhkan upaya pengelolaan lingkungan demi menjaga kelestarian fungsinya. Memaknai hal tersebut, Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, melakukan kunjungan ke Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

Kegiatan kunjungan bertajuk Ekskursi Lingkungan Binaan Tahun 2019 ini berlangsung selama 3 jam di Aula Gedung Observasi Laut Nasional. “Ini adalah kali pertama kami berkunjung kemari. BROL menjadi tujuan keenam kami setelah sebelumnya kami mengunjungi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur”, tutur Dr. Ir. Andi Sungkowo, M.Si., Dosen pembimbing kegiatan.

Beliau juga menuturkan bahwa terdapat 65 orang mahasiswa semester VI dan 7 orang dosen pembimbing yang hadir dalam kunjungan ini. “Rangkaian kegiatan studi ekskursi ini berlangsung selama seminggu dan melintasi tiga provinsi, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Kunjungan kami di Bali akan berakhir di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua”, tambahnya.   

Selama berada di BROL, rombongan studi ekskursi mendapatkan materi dari Dinarika Jatisworo, M.Sc., Kepala Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan, mengenai riset dan observasi laut yang telah dan sedang dilakukan BROL. “Saya mengajak para mahasiswa yang hadir untuk dapat terhubung dengan laman Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK) untuk mendapatkan data yang sekiranya mereka perlukan. Dalam SIDIK, sudah tersedia informasi rutin seperti Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) dan juga yang berkaitan langsung dengan lingkungan, seperti Mangrove, Bioreeftek, dan Status Mutu Air Estuari Perancak”, ungkap Dinarika. 

“Aspek lingkungan memang pelajaran yang sangat luas dan wajib dipelajari oleh siapapun. PPDPI pun meski menitikberatkan pada Penginderaan Jauh Kelautan, namun dalam proses penyediaan informasi, sudah disesuaikan dengan kaidah konservasi ilmiah lingkungan”, tambahnya. 

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR