Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Denpasar (22/05). Kegiatan Monitoring dan Update data perkembangan pelaksanaan kerja sama hingga triwulan II 2019 oleh Sub Bagian Kerja Sama (Subbag Kerma) Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan, diawali dengan sosialisasi oleh Ir. Denny Jatnika Suratman, M.P., Analis Kerja Sama Subbag Kerma BRSDM, mengenai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 65 tahun 2016 tentang Pedoman Kerja Sama dan Penyusunan Perjanjian di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kegiatan yang ditujukan bagi seluruh unit kerja BRSDM lingkup Bali ini berlangsung pada Rabu (22/05) di Ruang Rapat Loka Riset Perikanan Tuna, Benoa.

“Saat ini juga sudah ada pedoman untuk pelaksanaan kerja sama dengan pemerintah daerah, diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 2018 yang menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan kerja sama dengan pemerintah daerah, harus mengindari penggunaan kata kerja sama yang diganti dengan kata ‘Sinergi’, hak dan kewajiban diganti dengan ‘Tugas dan Tanggung Jawab’, serta ‘Nota Kesepahaman’ sebagai pengganti format PKS”, ungkap beliau.  

“Dalam penyusunan naskah kerja sama harus diperhatikan ruang lingkup kegiatan, tugas dan tanggung jawab, serta alur pengusulan kerja sama, diantaranya penomoran serta hal lainnya harus lebih tertata. Kerja sama yang terjalin sedapat mungkin harus menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) dan program masing-masing satuan kerja”, tambahnya. 

Melengkapi sosialisasi tersebut, penjelasan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) penyusunan naskah perjanjian kerja sama yang mengatur rangkaian kegiatan, pelaksanaan, baku mutu, dan output penyusunan kerja sama juga telah disampaikan oleh Yusuf Qohary, A.Md., Penyusun Bahan Kerja Sama Subbag Kerma BRSDM. 

Ada beberapa pokok bahasan dalam kegiatan ini, diantaranya ialah evaluasi terhadap pelaksanaan inisiasi kerja sama pada unit kerja lingkup BRSDM, yaitu Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang sedang berlangsung, PKS yang akan berakhir, dan PKS yang akan dilakukan, serta perkembangan kerja sama yang meliputi rencana aksi, perkembangan implementasi tiap semester dan tiap tri wulan.  

“Saat ini, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) memiliki 12 PKS dengan pemerintahan/kelembagaan dan 2 PKS dengan non pemerintahan. Dari 14 kerja sama ini ada beberapa PKS yang harus diulas ulang karena akan berakhir pada akhir tahun ini”, ungkap Ni Komang Wulan Triningsih, S.S., Penyusun Rencana Kerja Sama Kelembagaan BROL. 

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR