Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (23/05). “Saya merasa sangat puas terhadap pelayanan dan informasi yang diberikan, baik oleh petugas pelayanan maupun narasumber. Harapan saya kedepan, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dapat bekerja sama dengan BROL terkait informasi daerah penangkapan ikan di Kabupaten Belitung dan Provinsi Bangka Belitung pada umumnya. Sukses selalu untuk BROL, semoga semakin maju dan dapat terus memberikan informasi kepada masyarakat terutama nelayan”, ungkap Ade.

Ade Hotman L. Sagala, Analis Kelautan dan Perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Belitung telah menyeselaikan rangkaian Pelatihan Pengolahan Data dan Pembuatan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) selama 2 hari pada tanggal 22 dan 23 Mei 2019 di Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Pelatihan ini dipimpin dan dibuka oleh Dinarika Jatisworo, M.Sc., Kepala Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan BROL.

Agenda pelatihan pada hari pertama diawali dengan materi pengantar Penginderaan Jauh Kelautan oleh Dr. Denny Wijaya Kusuma, M. Si., Peneliti BROL bidang Penginderaan Jauh Kelautan. Beliau memberikan materi dengan tiga pokok bahasan, yaitu:

  1. Pemanfaatan teknologi penginderaan jauh untuk perikanan tangkap;
  2. Spesifikasi data citra satelit MODIS; serta
  3. Suhu permukaan laut dan konsentrasi klorofil-a.

Materi selanjutnya diberikan oleh Dinarika Jatisworo, M.Sc., mengenai Pengenalan PPDPI dengan 4 cakupan, yaitu:

  1. Pengenalan PPDPI Nasional, Pelabuhan, dan Perairan Khusus; 
  2. Penjelasan pemrosesan data dan pembuatan PPDPI; 
  3. Pengenalan laman BROL  beserta penjelasan contoh distribusi PPDPI; serta, 
  4. Pengenalan fungsi Respon balik dan format data respon balik penggunaan PPDPI.

Selain itu, Dinarika juga memberikan materi terkait Peta Lokasi Penangkapan Ikan (PELIKAN), Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK), dan Aplikasi Laut Nusantara. Agenda hari pertama diakhiri dengan praktikum pembuatan PPDPI diawali dengan cara mengunduh data MODIS level 2 dan level 3, data angin dan gelombang, serta pengolahan data suhu permukaan laut.

Agenda pelatihan dilanjutkan pada hari kedua, dengan praktikum pengolahan data klorofil-a, penentuan daerah penangkapan ikan berdasarkan data olahan suhu permukaan laut dan klorofil-a, layouting peta, ulasan, dan diskusi hasil praktikum. 

 

Ingin mendapatkan pelatihan pengolahan data Kelautan dan Perikanan di BROL?

YUK! Mengulik informasi lengkapnya pada tautan berikut: http://bpol.litbang.kkp.go.id/layanan-publik-bpol/pelatihan-pengolahan-data

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR