Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Sebagai implementasi dari Program Supported Partner Evidence to Action Supplements yang didukung oleh Partnerships for Enhanced Engagement in Research (PEER) - U.S. Government (USG), BROL selenggarakan roadshow kuliah tamu di beberapa Perguruan Tinggi. Bulan Mei ini, kuliah tamu diselenggarakan di dua Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya.

Kuliah Umum di Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada di kampus Bulaksumur Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal Kamis (02/05). Materi yang diberikan mencakup Ekologi Mangrove oleh peneliti BROL, Dr. Frida Sidik dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk pemetaan mangrove yang disampaikan oleh Ketua Departemen Kartografi dan Penginderaan Jauh, Dr. Muhammad Kamal. Acara dipandu oleh Dr. Muhammad Kamal dan diikuti oleh 55 mahasiswa S1 dan pascasarjana bidang geografi fisik dan penginderaan jauh. 

Rangkaian kegiatan Kuliah Umum berakhir di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya di Malang. Acara  dilaksanakan pada Jumat (03/05) dan dihadiri oleh 42 mahasiswa S1 Ilmu Kelautan dengan dipandu oleh dosen ilmu kelautan, Dhira Kurniawan Saputra, S.Kel., M.Sc. Materi disampaikan oleh para peneliti BROL yaitu Dr. Frida Sidik dengan topik Ekologi Mangrove dan Dr. Denny Wijaya Kusuma dengan topik Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Mangrove. Dalam kesempatan ini, BROL juga membagikan publikasi riset mangrove, sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan kapasitas riset dan monitoring mangrove bagi mahasiswa dan akademisi, dan mendapatkan feedback dari para peserta. Publikasi yang diberikan adalah Buku Panduan Mangrove Perancak dan karya tulis ilmiah bertemakan mangrove yang dilakukan oleh peneliti BROL.

Sebelumnya, rangkaian kuliah umum telah dilaksanakan di Universitas Riau dan Universitas Udayana. Dengan kegiatan ini BROL sukses mendiseminasikan hasil riset “Enhancement of Research for Adaptation of Wetlands in Indonesia to Projected Impacts of Sea Level Rise” ke kalangan akademisi, khususnya para mahasiswa. “Kegiatan ini meningkatkan pemahaman dan minat para mahasiswa dan dosen kelautan dalam riset mangrove dan perubahan iklim sekaligus memperkuat kerja sama dengan mitra, antara lain Conservation International dan perguruan tinggi”, jelas Dr. Frida.

Dr. Frida juga menjelasakan dengan feedback yang disampaikan peserta kuliah umum, dapat menjadi masukan bagi para peneliti terutama terkait metode komunikasi atau penyampaian hasil riset kepada masyarakat luas (communication for science). Gap antara dunia riset dan masyarakat awam merupakan salah satu alasan minimnya pemahaman manfaat mangrove bagi masyarakat. Penguatan communication for science dapat menjadi solusi dalam memperbaiki pola kegiatan sosialisasi manfaat mangrove ke masyarakat.


Berita terkait lainnya:

http://bpol.litbang.kkp.go.id/25-berita-terkini/417-bangun-kolaborasi-riset-mangrove-berkelanjutan-melalui-sgd-mangrove

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR