Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Yogyakarta (24/04). Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional Pranata Komputer Lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah berlangsung selama tiga hari di Gallery Hotel Prawirotaman, Yogyakarta. Acara tersebut dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KKP dalam rangka peningkatan profesionalisme, penyusunan butir-butir kegiatan dalam analisis beban kerja (ABK) serta persiapan sumber daya manusia pranata komputer dalam implementasi E-KKP 2022 seperti yang telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 31/PERMEN-KP/2018 tentang Master Plan Teknologi Informasi (TI) KKP tahun 2018-2022. Peserta dari kegiatan ini adalah semua pejabat fungsional pranata komputer dari seluruh satuan kerja KKP se-Indonesia, yang berjumlah 120 orang.

Acara bimtek hari pertama (Senin, 22/04) diawali dengan presentasi oleh Yudi Priatno, B.ENG., M.S.E., Kabid Aplikasi Sistem Informasi (ASI) Pusdatin KKP, yang menyampaikan materi terkait perkembangan TI di KKP. Dalam presentasinya, Kabid ASI menyampaikan tentang visi, misi dan peran strategis TI kedepan serta dukungan peraturan perundangan dalam tata kelola TI di KKP. 

“Guna mewujudkan E-KKP 2022, KKP akan melakukan 3 kegiatan prioritas, yaitu integrasi sistem informasi di KKP, dukungan infrastruktur yang handal, aman, dan efisien serta peningkatan kematangan tata kelola TI dan data. Terdapat 4 peraturan perundangan yang disiapkan dalam rangka mendukung kegiatan tersebut, yaitu Permen KP Satu Data KP, Permen KP Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan), Permen KP Tata Kelola TI serta Permen KP Master Plan TI”, ungkapnya. Selain itu, Kabid ASI menyampaikan juga terkait Kepmen No. 7 Tahun 2019 tentang Komisi Satu Data dan Komite Pengarah TI KKP.

Presentasi selanjutnya yaitu tentang road map implementasi transformasi sistem informasi infrastruktur dan tata kelola TI yang disampaikan oleh Franciscus Johny Adhiyanto, S.T., Kasubbid Integrasi Infrastrukutr Teknologi Informasi mewakili Kabid Infrastruktur TI yang berhalangan hadir. Kasubbid Integrasi menyampaikan tentang progress penataan infrastruktur TI KKP mulai dari pembangunan data center baru di Telkomsigma Sentul, Disaster Recovery Center (DRC) di Jatiluhur, proses backup dan replikasi antara data center dan DRC, serta interkoneksi antara KKP dengan kementerian/lembaga lain.

Materi bimtek berikutnya yaitu tentang aplikasi e-PUSPA (Pengajuan dan Usulan Penetapan Angka Kredit) yang disampaikan oleh Andetta Yulnanda, S.T., Kasubbid Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi, dilanjutkan dengan presentasi dari Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Aparatur (SDMA) tentang analisis beban kerja (ABK), peta jabatan, serta perjanjian kinerja jabatan fungsional pranata komputer. Narasumber terakhir di hari pertama yaitu Kepala Pusdatin KKP yang menyampaikan tentang program nasional “Satu Data Indonesia” serta melakukan pembukaan acara bimtek secara resmi.

Materi bimtek hari kedua (Selasa, 23/04) yaitu tentang penulisan karya tulis ilmiah (KTI) yang disampaikan oleh Dr. Ing. Widodo Setiyo Pranowo, dari Pusat Riset Kelautan (Pusriskel) KKP. Beberapa hal terkait tips dan trik penulisan KTI mulai dari teknik penulisan, sistematika, format penulisan, plagiarism checker tools serta cara publikasi KTI ke jurnal dijelaskan secara detail oleh narasumber. Selanjutnya, masing-masing peserta bimtek diwajibkan untuk membuat KTI dan dipresentasikan di depan peserta.

Acara bimtek dilanjutkan dengan penyusunan butir-butir kegiatan dalam ABK yang dipandu oleh tim dari Biro SDMA. Masing-masing peserta dari 2 jenjang jabatan (Pranata Komputer Terampil dan Ahli) dikelompokkan untuk menyusun butir-butir kegiatan yang dilakukan di masing-masing satuan kerja serta menghitung angka kredit nya. Setelah itu, perwakilan dari masing-masing jenjang mempresentasikan hasil kerja kelompok di hadapan tim Biro SDMA.

Materi bimtek hari terakhir (Rabu, 24/04) yaitu diskusi teknis dan tanya jawab terkait penulisan KTI, serta hal-hal lain terkait jabatan fungsional pranata komputer. Beberapa permasalahan terkait penulisan KTI serta pengajuan DUPAK pranata komputer didiskusikan dalam sesi ini. Selain itu, dalam sesi ini, Romy Ardianto (Pranata Komputer BROL) diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan pengalaman terkait penulisan KTI di jurnal internasional dan pengembangan karir TI di hadapan peserta bimtek. Beberapa pengalaman yang dibagikan yaitu tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri, cara mendapatkan beasiswa pelatihan TI baik dalam negeri maupun luar negeri, serta partisipasi dalam kompetisi TI (hackathon dan codeathon) di level nasional maupun internasional. 

“Senang sekali rasanya dapat berbagi pengalaman disini. Semoga program Satu Data Indonesia dapat segera terwujud dan para pranata komputer di KKP makin memiliki kualitas dan daya saing tinggi baik di nasional maupun internasional”, kata Romy. 

Agenda Kegiatan

Jul
15

15.07.2019 - 31.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 30.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 24.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM