Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Denpasar (23/04). “Saya sangat mengapresiasi acara dan kerja sama dalam kegiatan ini. Kami pun di Universitas Udayana sedang aktif mengupayakan kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Secara resmi, kami buka acara talk show pagi ini”, ungkap Ida Ayu.

Talk show lestari berlangsung pada Selasa (23/4) di Ruang 3.1. Aula Gedung Pascasarjana lt. 3 Pascasarjana Universitas Udayana. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc. mengawali jalannya kegiatan ini. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ir. A.A.G. Bayu Brahmasta,M.MA., Group Head East Region PT XL Axiata, Tbk., Mochamad Imam Mualim.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjanan Universitas Udayana Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc., Ph.D. membuka secara resmi acara ini.

“Saya sangat mengapresiasi acara dan kerja sama dalam kegiatan ini. Kami pun di Universitas Udayana sedang aktif mengupayakan kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Secara resmi, kami buka acara talk show pagi ini”, ungkap Ida Ayu.

Talk show lestari dipandu oleh Peneliti BROL, Dr. Frida Sidik selaku moderator dan 4 orang narasumber yaitu:

1. Ratih Permitha Syury (WWF Indonesia) | Tema: Sampah Plastik dan Spesies Terancam Punah

“Media sosial menjadi platform baik untuk sharing info terkait sampah plastik dan dampaknya terhadap ekosistem laut”

2. Dr. Agung Yunanto (BROL-KKP) | Tema: Sampah Plastik dan Manusia

“Mikroplastik di tubuh ikan mengindikasikan ancaman sampah plastik bagi kehidupan. KKP melarang penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan kantor untuk meminimalisir dampak selanjutnya. Anda bagaimana?”

3. Ketut Mertaadi (ecoBali Recycling) | Tema: Sampah Plastik Bernilai Ekonomi

“Zero waste adalah konsep yang kami usung, sampah non organik sedapat mungkin harus bisa dimanfaatkan menjadi barang multiguna”

4. Tjetjep Witjahjono (PT XL Axiata, Tbk.) | Tema: Laut Nusantara Fase 2

“Pengunduh Laut Nusantara hingga April 2019 sudah di angka 10.000 lebih. Pengembangan aplikasi akan terus kami upayakan demi tangkapan ikan nelayan yang lebih baik”

Dalam kesempatan ini, BROL juga meluncurkan beberapa produk riset 2019 yaitu Otomatisasi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) dan prototipe Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Kualitas Perairan (SIMANTAP). Diawali dengan pemutaran video sneak peek produk, launching secara simbolis dilakukan dengan penyerahan flyer produk dari BROL kepada Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) dan Loka Riset Perikanan Tuna (LRPT) sebagai stakeholders pengguna jasa dan data riset BROL.

“Semoga dengan adanya SIMANTAP ini, akses untuk analisis kualitas air di BROL menjadi lebih mudah, terutama bagi kami yang berada jauh dari lokasi. Sukses selalu dan kami tunggu inovasi riset berikutnya”, kata Hety Hartaty, S.Pi., Kepala Sub Seksi Tata Operasional Loka Riset Perikanan Tuna. 

Satu kontribusi kecil saja yang dilakukan secara berkelanjutan dapat memberikan dampak yang begitu berarti bagi bumi. Bumi untuk kita bersama, mari berbagi untuk bumi. Tetap satukan aksi untuk bumi lestari, karena bumi asyik tanpa sampah plastik. 

Agenda Kegiatan

May
22

22.05.2019 - 24.05.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM