Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jakarta (27/03). Coral Triangle Initiative on Coral Reefs Fisheries and Food Security (CTI-CFF) adalah kemitraan multilateral dari enam negara (Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste) yang bekerja bersama untuk mempertahankan sumber daya laut dan pesisir dengan memberikan rekomendasi solusi untuk mengatasi masalah-masalah penting seperti ketahanan pangan, perubahan iklim, dan keanekaragaman hayati laut. Ini adalah kerja sama multilateral pertama yang berfokus pada ketahanan pangan melalui pengelolaan sumber daya alam laut yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan dampak perubahan iklim. Terbentuk pada 2009, workshop guna menyukseskan misi tersebut rutin diadakan hingga tahun ini dan berikutnya.

Dalam rangka Workshop CTI-CFF – Capacity Building on Bue Carbon (CBBC) & Communication Education and Public Awareness (CEPA), Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selaku koordinator Climate Change Adaptation Working Group CTI mengadakan rapat koordinasi antara tim pelaksana kegiatan workshop dengan GIZ Climate Governance. Pertemuan yang berlangsung pada Jum’at (08/02) lalu telah menetapkan waktu pelaksanaan acara, yaitu pada awal Juli 2019 di Jakarta atau Manado. Selain itu, susunan acara juga telah disusun dan Dr. Frida Sidik (Peneliti Senior di Balai Riset dan Observasi Laut) akan dilibatkan menjadi fasilitator pada workshop tersebut.

Keterlibatan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) ini selaras dengan kajian riset BROL dan menjadi salah satu langkah baik untuk menyebarluaskan informasi hasil riset blue carbon BROL yang dilakukan oleh peneliti BROL. 

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, rapat koordinasi lanjutan guna membahas mengenai materi CBBC dan CEPA serta narasumber yang akan dihadirkan juga telah dilaksanakan pada Rabu (27/03) lalu, bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta. 

“Seperti biasa, rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh seluruh tim yang akan terlibat untuk menyukseskan workshop tersebut. Blue Carbon sudah sejak beberapa tahun belakangan ini menjadi kajian rutin kami di BROL, terutama kaitannya dengan mangrove. Workshop ini menjadi salah satu langkah bagi kami untuk meneruskan informasi terkait kepada para pemangku kepentingan. Saya juga akan menjadi salah satu narasumber dalam workshop tersebut”, ungkap Dr. Frida Sidik.  

Melalui CTI-CFF, para anggota telah sepakat untuk menerapkan konservasi keanekaragaman hayati yang berpusat pada manusia, pembangunan berkelanjutan, pengurangan kemiskinan, dan pembagian manfaat yang adil. Pemerintah Indonesia bersama CTI-CFF dan para pemangku kepentingan terkait lainnya, berupaya menangani pengurangan kemiskinan baik melalui pembangunan ekonomi, keamanan pangan, mata pencaharian berkelanjutan bagi masyarakat pesisir dan konservasi keanekaragaman hayati melalui perlindungan spesies, habitat, dan ekosistem. 

Agenda Kegiatan

May
22

22.05.2019 - 24.05.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM