Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Nusa Dua (22/03). Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomar) bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, mengadakan Workshop Pengembangan Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) Nusa Dua selama dua hari (21 s.d. 22 Maret 2019). Workshop bertujuan untuk menyusun Grand Design dan Roadmap ICRG melalui peran serta kerja sama pemerintah, sektor privat, dan masyarakat dengan menghimpun masukan dan informasi terkait baik dari aspek kebijakan maupun teknis. Materi yang berhasil dihimpun nantinya akan menjadi salah satu bahan rapat koordinasi tingkat Menteri mengenai peran industri pariwisata, khususnya bahari, dalam melestarikan lingkungan pesisir dan laut.

Aktivitas pada hari pertama dimulai dengan penyelaman di sekitar kawasan transplantasi terumbu karang MARRS (Mars Assisted Reef Restoration System), Pantai Samuh, Nusa Dua, yang melibatkan ragam peserta di luar Kemenkomar, yaitu, Nusa Dua Reef Foundation (NDRF), Coral Triangle Center (CTC), MARS-Indonesia, Biorock-Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha (Undhiksa), serta Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

Dr. Eghbert Elvan Ampou (Ketua Kelompok Penelitian BROL), hadir mewakili BROL tak hanya sekadar sebagai peserta saja, melainkan sebagai narasumber pada agenda workshop di hari kedua. Peran IPTEK dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Restorasi dan Konservasi Terumbu Karang menjadi topik penting yang disampaikan oleh Dr. Elvan. Selain BROL, beberapa narasumber lain ialah Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali, dan Universitas Udayana.

Workshop berlangsung di Ruang Pertemuan (ITDC) Nusa Dua, dan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, IPTEK, dan Budaya Maritim, Kemenkomar, turut menghadirkan peserta dari lintas sektor, diantaranya Pangkalan TNI-AL Denpasar; Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI-AL Jakarta, Undhiksa, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Conservation International Indonesia (CII); Biorock-Indonesia, dan Dinas Perikanan Kabupaten Badung. 

“Kegiatan workshop berlangsung lancar. Pasca memberikan materi, kami melanjutkan agenda berupa diskusi lanjutan untuk pengembangan Road Map ICRG yang meliputi Outline Grand Design ICRG Nusa Dua, Regulasi, Riset dan Inovasi, Nurseri dan Transplantasi, serta Community Empowerment”, ungkap Dr. Elvan.

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM