Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Denpasar (22/04). Memasuki triwulan II tahun 2019, pengunduh aplikasi Laut Nusantara sudah mencapai lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) orang. Diluncurkan sejak Agustus tahun 2018 lalu, Laut Nusantara kini berisi fitur mutakhir yang semakin melengkapi fitur sebelumnya. Apa saja keunggulan Laut Nusantara fase 2 ini?

Sejalan dengan rangkaian kegiatan lainnya dalam Peringatan Hari Bumi 2019 pada Senin lalu, Laut Nusantara fase 2 secara resmi telah diluncurkan oleh Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si., di hadapan puluhan Nelayan Kota Denpasar di Pantai Dream Island, Mertasari, Denpasar.

“Mewakili Nelayan di Kota Denpasar yang turut hadir saat ini, kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi hadirnya aplikasi ini. Selain bermanfaat bagi keberlangsungan aktivitas penangkapan ikan oleh nelayan, aplikasi ini juga menjadi wadah untuk memfasilitasi nelayan menuju era industri 4.0 yang mau tak mau harus bisa akrab dengan dunia daring. Semoga hasil tangkapan nelayan dapat meningkat dan resiko kerugian dapat terhindar secara perlahan”, kata beliau.

Walikota Denpasar secara simbolis menyerahkan replika Laut Nusantara kepada tiga orang perwakilan Nelayan Kota Denpasar, didampingi oleh Kepala Balai Riset dan Observasi Laut, Dr I. Nyoman Radiarta, M.Sc.; Group Head East Region PT XL Axiata, Tbk., Mochamad Imam Mualim dan Head of Social Innovation Project PT XL Axiata, Tbk., Siti Siswandari.     

Apa saja keunggulan Laut Nusantara fase 2 ini? Berikut tiga fitur tambahan utama yang menjadi unggulan dari Laut Nusantara Fase 2, yaitu:

1. Navigasi

Fitur tambahan pada Peta untuk membantu pengguna dalam mengestimasi jarak, waktu tempuh, serta estimasi bahan bakar untuk mencapai tempat tujuan. Pengguna dapat memilih beberapa pointer sebagai destinasi tempat penangkapan. Navigasi akan menandakan rute perjalanan dengan menarik garis merah terhadap setiap pointer. Informasi perjalanan yang akan diberikan meliputi:

Jenis mesin yang digunakan, Estimasi konsumsi BBM, Waktu dan Jarak Tempuh.

2. Feedback

Fitur tambahan pada Peta sebagai sarana pengguna dalam memberikan penilaian terhadap layanan berupa pointer yang telah diberikan oleh aplikasi Laut Nusantara. Fitur ini dapat digunakan apabila posisi pengguna berjarak 25nm dari pointer. Pengguna dapat memberikan tanggapan mereka terhadap kondisi yang dirasakan saat berada pada area pointer. Tanggapan dapat diberikan dalam bentuk 2 pilihan Baik / Buruk yang digambarkan dengan ikon Thumbs Up dan ikon Thumbs Down.

3. Konversi Unit

Fitur tambahan yang dapat membantu pengguna untuk menetapkan pengaturan terhadap mesin dan satuan jarak yang lebih mereka pahami dan sukai. Pengguna dapat menetapkan jenis mesin, satuan waktu, dan satuan jarak sesuai dengan yang mereka inginkan saat menggunakan aplikasi Laut Nusantara.

 

Selain itu, terdapat beberapa fitur tambahan mobile, yaitu:

1. Satellite View

Fitur tambahan pada Peta, memberikan tampilan lebih detail melalui citra satelit sehingga membantu para Nelayan untuk melihat kondisi laut lebih jelas.

2. Search

Fitur tambahan pada Peta, membantu para pengguna untuk mengetahui lokasi dari Kota, Pelabuhan, dan Pulau yang diinginkan.

3. Tangkapan Saya

Fitur baru yang dapat membantu pengguna untuk menyimpan data mengenai tangkapan yang telah didapat saat melakukan pelayaran.

4. FAQ

Fitur baru yang berupa sekumpulan dari pertanyaan seputar cara menggunakan aplikasi Laut Nusantara beserta jawabannya.


Juga fitur baru Website, yaitu:

1. Dashboard

Halaman Awal yang akan menampilkan seluruh informasi pengguna mengenai posisi, feedback, dan jumlah tangkapan ikan.

2. Report

Halaman yang akan menampilkan rincian informasi mengenai kegiatan yang terjadi melalui aplikasi Laut Nusantara.

3. Input Location

Fitur yang dapat membantu pengelola untuk menambahkan detail properti seperti Pelabuhan maupun Bagan yang akan ditampilkan pada aplikasi Laut Nusantara.

4. User Management

Fitur yang dapat membantu pengguna website untuk menambah pengguna lainnya agar dapat mengakses Website CMS.

Agenda Kegiatan

May
22

22.05.2019 - 24.05.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM