Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (14/02). Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) bekerjasama dengan Pusat Teknologi Elektronika (PTE) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam Pengembangan Integrasi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) dengan prototype AIS Transceiver Class B BPPT guna mendukung manajemen kelautan dan perikanan di Indonesia. Lingkup kerja sama meliputi uji coba dan pemanfaatan AIS Transceiver Class B BPPT untuk pengembangan dan validasi PPDPI serta diseminasi PPDPI pada Human Interface (HMI) AIS Transceiver Clas B BPPT. Kerja sama yang telah berlangsung sejak 2018 ini, telah usai melewati tahap uji fungsi, konfigurasi, dan evaluasi. Kini, kerja sama memasuki tahap perpanjangan dan pengembangan berikutnya.

Kamis (14/02) lalu, tim BPPT adakan diskusi di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Utama BROL. Diskusi dihadiri oleh penanggung jawab kerja sama dari kedua pihak dengan pokok bahasan berupa persiapan administrasi perpanjangan kerja sama dan rancangan kegiatan yang akan dilakukan setahun kedepan. 

 

Adapun hasil kerja sama yang telah dilakukan selama 2018 ialah:

1. Instalasi infrastruktur dari “Integrasi Prototipe AIS Transceiver Class B BPPT dengan Data PPDPI” telah terpasang, dan berfungsi.

2. Telah berhasil dilaksanakan pengujian fungsional tahap awal di Kapal Bintang Narmada.

3. Informasi PPDPI telah berhasil didistribusikan melalui infrastruktur AIS BPPT hingga telah diterima langsung oleh Nahkoda Kapal (Juru Panggung) melalui layar monitor (HMI) AIS yang terpasang di kapal. 

4. Dari testimoni Nakhoda diperoleh informasi bahwa lokasi keberadaan ikan sesuai dengan yang ditunjukkan oleh PPDPI.

 

Sedangkan rancangan aktivitas tindak lanjut yang akan dilakukan di tahun ajaran 2019 ialah:

a. Perlu dilanjutkan pengujian kinerja pada sejumlah kapal dalam kurun waktu yang cukup.

b. Penyempurnaan infrastruktur AIS.

c. Perlu memperluas cakupan layanan penerimaan data AIS dengan penambahan infrastruktur komunikasi data. 

 

“Agenda pertemuan hari ini lebih berfokus pada peninjauan ulang dan memperpanjang masa berlaku kerja sama untuk mendasari aktivitas di tahun ajaran 2019 agar perangkat dapat lebih sempurna”, tutur Widrianto Sih Pinastiko, Ketua tim uji fungsi dari Kedeputian Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material BPPT.

“Di tahun ini juga, nantinya akan dilakukan pemasangan tambahan HMI AIS di beberapa kapal nelayan Pengambengan, pemasangan tambahan BTS di Bali untuk meningkatkan cakupan, pengujian dalam jangka waktu yang lebih lama, pemasangan AIS di kapal angkutan penumpang di Muara Angke dan Kepulauan Seribu, serta proses sertifikasi industri”, tambahnya. 

“Hasil pertemuan hari ini akan menjadi bahan pada pertemuan berikutnya saat pertemuan dengan Kepala BROL untuk pembahasan draft perpanjangan Perjanjian Kerja Sama yang lebih rinci. Tak kalah penting bahwa kerja sama di tahun ini akan diawali dengan transfer knowledge dari Tim teknis BPPT ke Operator PPDPI dan diseminasi hasil kerja sama kepada stakeholders”, kata Dr. Denny Wijaya Kusuma, Peneliti sekaligus Penanggung jawab kerja sama dari BROL.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan teknologi di kehidupan masyarakat nelayan dalam menangkap ikan di Perairan Nusantara. 

 

Agenda Kegiatan

May
22

22.05.2019 - 24.05.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM