Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Karangsong (22/01). Memasuki semester pertama pasca diluncurkan, aplikasi Laut Nusantara sudah diunduh oleh lebih dari lima ribu pengguna. Ini menandakan bahwa hilirisasi produk hasil riset Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) dapat dengan cepat tersebar. Upaya demi upaya guna peningkatan kesejahteraan nelayan melalui aplikasi tersebut sedang dan terus dilakukan.

Kehadiran Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) menjadi sesuatu yang selalu dinantikan oleh nelayan. Peta ini mampu menjadi acuan bagi nelayan dalam menangkap. Tak dapat dipungkiri, ragam kesalahan dan kekurangan kerap menjadi kendala. Namun, hingga saat ini, seiring dengan meningkatnya pengunduh Laut Nusantara, kendala demi kendala sudah dapat teratasi. 

Satu diantara banyaknya cara untuk menyebarluaskan Laut Nusantara ke seluruh tanah air ialah dengan roadshow ke daerah pesisir (sosialisasi). Meski membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun roadshow ini mampu menghadirkan tim yang paham akan Laut Nusantara, sehingga nelayan dapat langsung berdiskusi dua arah.

Memasuki Februari 2019, sebanyak lima Kabupaten/Kota di pesisir Indonesia sudah mendapatkan sosialisasi dan distribusi aplikasi Laut Nusantara dari BROL dan PT XL Axiata, Tbk. Diawali dari Kabupaten Jembrana, roadshow berlanjut ke Kabupaten Malang, kemudian ke Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, dan berakhir di Kabupaten Indramayu pada Selasa (22/01) lalu. Sosialisasi akan terus dilakukan ke daerah-daerah lainnya di tahun 2019 ini.

Roadshow Laut Nusantara di Kabupaten Jembrana

Roadshow Laut Nusantara di Kabupaten Malang

“Pasca launching di Kabupaten Jembrana, kami melanjutkan sosialisasi dan distribusi Laut Nusantara ke beberapa daerah pesisir lainnya. Kami dibantu oleh Universitas Brawijaya saat roadshow di Malang dan Trenggalek. Saat di Situbondo, acara kami barengi dengan peluncuran aplikasi Satwa Nusantara (Sistem Manajemen Pakan dan Ternak Terpadu)”, ungkap Siti Siswandari, Head of Social Innovation Project PT XL Axiata, Tbk. 

Roadshow Laut Nusantara di Kabupaten Trenggalek

Roadshow Laut Nusantara di Kabupaten Situbondo

“Kemarin waktu di Indramayu, bersama hampir seratus nelayan di Karangsong, kami berdiskusi banyak. Harapannya, dengan Laut Nusantara yang sudah didistribusikan dapat membantu dan mempermudah nelayan dalam menangkap ikan”, tambahnya.    

Roadshow Laut Nusantara di Kabupaten Indramayu

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM