Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Denpasar (11/01). Riset kelautan dengan pendekatan penginderaan jauh laut menjadi salah satu riset unggulan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Pendekatan ini mampu memberikan interpretasi awal yang lebih cepat dalam menganalisis isu-isu kelautan dan perikanan di Indonesia. 

Jum’at (11/01) lalu, BROL turut serta dalam Symposium of Human Resource Development and Space Data Utilization for Disaster yang diadakan oleh Center for Remote Sensing and Ocean Sciences (CReSOS) di Universitas Udayana (UNUD). Simposium yang merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara UNUD dengan Yamaguchi University ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, dan lembaga penelitian dari Indonesia, Amerika, dan Jepang. 

Materi yang dipaparkan berkaitan dengan disaster monitoring yang menggunakan berbagai aplikasi seperti Sistem Informasi Geografis (SIG), data satelit (radar dan optik), dan data klimatologi (iklim). Pada kesempatan ini, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc, (Kepala BROL) memaparkan materi bertajuk “The Used of Radar Data for Disaster Monitoring: A Case Study on Oil Spill and Krakatau Eruption”.

“BROL diharapkan dapat menjalin kerja sama riset dengan Universitas Udayana terkait disaster monitoring dan dalam waktu dekat akan disusun proposal terkait hal tersebut”, ungkap Dr. I Nyoman Radiarta. 

“Simposium ini diharapkan menjadi upaya mitigasi dini terhadap ancaman bencana yang dapat diformulasikan melalui penginderaan jauh menggunakan satelit, khususnya di bidang kelautan. Penerapan teknologi penginderaan jauh satelit (satellite remote sensing) diperlukan untuk memprediksi daerah-daerah yang terancam bahaya bencana dan melakukan tindakan pencegahan”, tambahnya.  

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR