Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Jakarta (17/01). Terumbu karang merupakan satu diantara tiga ekosistem penting yang terdapat di pesisir Indonesia. Ekosistem terumbu karang Indonesia menjadi bagian terbesar dari Coral Triangle Center dunia. Keberadaannya tentu memberikan kontribusi penting bagi keberlangsungan produktivitas perikanan dan ekosistem laut secara umum. Riset terkait terumbu karang sudah menjadi salah satu topik riset strategis yang dilakukan oleh peneliti di Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

Sebagai hasil riset, BROL mengembangkan sebuah metode rehabilitasi ekosistem terumbu karang berbahan alami (tempurung kelapa) yang dikenal dengan Bioreeftek. Produk ini dikembangkan sebagai bentuk kontribusi riset BROL terhadap konservasi ekosistem terumbu karang di Indonesia. 

Kamis (17/01) lalu, Dr. Eghbert Elvan Ampou (Inventor Bioreeftek) hadir memenuhi undangan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) dalam rapat terumbu karang di Gedung Mina Bahari III, Jakarta Pusat. Rapat ini menghadirkan para peneliti terumbu karang di lingkup BRSDMKP untuk membahas kondisi terkini terumbu karang Indonesia, pemantapan riset terumbu karang, dan hal terkait lainnya.  

Hasil rapat menitikberatkan pada status terumbu karang di Indonesia dalam hal bagaimana BRSDMKP memberikan justifikasi terhadap rekomendasi jenis-jenis karang yang dapat dimanfaatkan untuk perdagangan keluar (ekspor) serta lokasi khusus status terumbu karang di Indonesia dalam hal tutupan karang di Kawasan Konservasi Perairan sesuai UU No.27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. 

“BROL diberikan kesempatan untuk menyampaikan kegiatan riset yang terkait. Hal ini selaras dengan rencana pelaksanaan salah satu riset yang dilaksanakan oleh BROL di tahun 2019, yang ditujukan untuk menjawab isu terkait konservasi, kesehatan laut, dan pemetaan habitat terumbu karang (geomorfologi). Semua kegiatan tersebut akan memadukan antara penginderaan jauh, pemodelan, dan observasi”, ungkap Dr. Elvan di akhir rapat.

“Langkah selanjutnya ialah finalisasi draft hasil diskusi ini, yang akan menjadi bahan masukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan. Rencananya, beliau akan melakukan hearing dengan DPR RI terkait hal tersebut di akhir Januari nanti”, tambahnya. 

 

 

 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM