Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Bandung (18/01). Rekonsiliasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) lingkup Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Tak hanya mengumpulkan ikhtisar yang memuat perincian keuangan, kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh satuan kerja BRSDMKP ini juga menjadi wadah untuk refleksi dan arahan bagi perancangan keuangan yang lebih baik di tahun berikutnya. Pasalnya, melalui rekonsiliasi ini, tiap satuan kerja akan menerima review dan verifikasi laporan keuangan tahunan, baik dari verifikator internal KKP, maupun dari Kementerian Keuangan.

Acara yang diselenggarakan di Savoy Homann Bidakara Hotel, Bandung pada Selasa (15/01) ini, memiliki agenda utama untuk melakukan verifikasi kelengkapan dokumen laporan keuangan, rekonsiliasi, problem solving isu keuangan oleh pendamping dari Inspektorat Jenderal III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Biro Keuangan, dan Kementerian Keuangan. Hadir mewakili Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) dalam acara ini adalah Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan para Operator keuangan. 

Prof. R. Sjarief Widjaja, Ph.D. FRINA, Kepala BRSDMKP, membuka secara resmi acara yang berlangsung selama empat hari ini, sekaligus memberikan arahan kepada peserta. Usai pembukaan, Dr. Maman Hermawan, M.Sc (Sekretaris BRSDMKP) mengawali acara dengan memberikan laporan kegiatan yang dihadiri oleh 138 peserta dari 45 satuan kerja lingkup BRSDMKP tersebut. 

”BRSDMKP akan mengembangkan organisasi yang lebih profesional, tak hanya dari segi administrasi keuangan, namun juga lembaga pendidikan. Hal ini selaras dengan arahan Presiden RI agar fokus pada peningkatan SDM melalui pengembangan 10 Politeknik Kelautan dan Perikanan baru di tahun 2019”, ungkap Kepala BRSDMKP dalam sambutannya. 

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara (BMN) Tahunan, serta Laporan Kinerja Tahun 2018 secara langsung oleh satuan kerja kepada Kepala BRSDMKP, disaksikan oleh Inspektur Jenderal III KKP. Setelah penyerahan laporan, turut diserahkan pula Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2019 yang dilanjutkan dengan arahan bertema “Peningkatan Pengendalian Intern dalam Penyusunan Laporan Keuangan” oleh Dr. Muhammad Yusuf, Inspektur Jenderal III KKP.

“Ada tiga hal penting dalam melaksanakan pengendalian intern, yakni membangun komitmen, mengubah mindset sehingga terbangun etos kerja, dan meyakini bahwa dengan bekerja baik maka akan membawa dampak baik bagi sekitar”, ungkap Dr. Muhammad Yusuf.

 

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR