Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Serang (07/11). Balai Riset dan Observasi Laut bersama dengan PT. Unggul Cipta Teknologi (UCT) sepakati kerja sama pelaksanaan riset untuk uji coba teknologi sistem Yukom Vessel Safety Monitoring Aid (Yukom VMA) untuk Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI). Berita acara kerja sama antar dua belah pihak secara resmi telah ditandatangani pada hari Rabu (07/11) di kantor PT. UCT di Cikande, Serang, Banten. 

Kerja sama ini bertujuan untuk melakukan riset bersama dan optimalisasi manfaat PPDPI dalam fitur Yukom VMA kepada para nelayan. Yukom VMA sendiri merupakan teknologi yang diproduksi oleh PT. UCT, sementara PPDPI merupakan  produk unggulan BROL. Melalui kerja sama riset ini, kedua belah pihak ingin melihat efektifitas penangkapan ikan di laut berdasarkan guide yang nantinya dihasilkan dari integrasi PPDPI dengan Yukom VMA. Harapannya, nelayan dapat terbantukan secara mudah melalui akses dari integrasi tersebut. Yukom VMA memiliki spesifikasi yang unggul dibanding dengan VMA pada umumnya. 

Pada kesempatan yg sama, BROL yang diwakili oleh Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc. (Kepala BROL) dan Komang Iwan Suniada, M.Si. (Manajer Teknis PPDPI) juga diajak site visit ke area kerja PT. UCT. 

“Kerja sama ini akan berlangsung hingga akhir Desember 2018. Semoga dapat berjalan lancar dan pengembangannya dapat segera dilakukan di tahun mendatang,” ungkap Komang Iwan Suniada.

“Riset ini juga merupakan bentuk apresiasi bagi produk riset kami (PPDPI). Hal semacam ini perlu terus dilakukan sebagai bentuk interpretasi hasil riset di lapangan. Jadi, riset tak hanya sebatas tulisan ilmiah belaka,” tambahnya. 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM