Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Banjarbaru (29/10). Bioreeftek, media rehabilitasi berupa terumbu karang buatan dengan fungsi untuk mitigasi pada ekosistem terumbu karang, memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan pecinta alam bawah laut. Hasil inovasi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) dari riset oleh Dr. Eghbert Elvan Ampou (Peneliti BROL bidang Dinamika Pesisir) ini bersifat ramah lingkungan dan murah biaya. Sejak tahun 2008, deployment Bioreeftek rutin dilakukan oleh ragam pihak di berbagai perairan Indonesia. 

Berawal dari aktivitas magang pada bulan Juli lalu, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) diwakili oleh empat mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan, menaruh perhatian terhadap terumbu buatan yang terbuat dari tempurung kelapa ini. Selama periode magang, mereka belajar teknik pembuatan dan deployment Bioreeftek bersama empunya. 

“Magang kali ini adalah pertama bagi ULM. Kami berempat tergabung dalam himpunan mahasiswa, aktif melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat bersama dosen. Bioreeftek ini kami kira bisa menjadi objek program pemberdayaan kami kedepannya.”, ungkap Muhammad Firzatullah, mahasiswa ULM.

Tak hanya berhenti di proses magang, ilmu pemanfaatan Bioreeftek tersebut akhirnya dapat disebarkan secara lebih luas. ULM mengadakan kuliah umum bertajuk “Rehabilitasi Terumbu Karang dengan Terumbu Buatan dari Bahan Alami ‘Bioreeftek’” pada Senin (29/10) di Auditorium Fakultas Perikanan dan Kelautan (FKP), Banjarbaru. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka secara resmi oleh Dekan FKP ULM, Ir. H. Pahmi Ansyari, M.S. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa kuliah umum ini merupakan bagian dari kegiatan wajib tahunan yang diselenggarakan oleh FKP ULM. Topik pada tahun ini, ialah yang terkait dengan jurusan Ilmu Kelautan. Bioreeftek merupakan teknologi yang menarik untuk dikembangkan di wilayah kerja praktek dari jurusan Ilmu Kelautan. Harapannya, acara ini bisa berjalan lancar, antusias, dan dapat berlanjut ke arah pengembangan yang lebih baik kedepannya.

Kuliah umum dimoderatori oleh Hamdani, S.Pi., M.Si., dosen FKP ULM. Mengawali presentasinya, E. E. Ampou memaparkan informasi umum mengenai Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), merangkum tugas pokok dan fungsi, produk, dan pengembangan yang sedang dikakukan. Usai presentasi, moderator membuka kesempatan bertanya bagi puluhan peserta yang hadir.

Selepas diskusi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan. FPK ULM menyerahkan plakat kepada narasumber, disambung dengan penyerahan paket diseminasi oleh narasumber kepada FPK ULM. Para penanya mendapatkan merchandise dari BROL berupa sedotan bambu. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan sertifikat pengakuan atas penggunaan Bioreeftek dalam kegiatan di lingkup FPK ULM. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan foto bersama.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM