Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (09/11). Keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik merupakan bagian pendukung dari keberadaan suatu organisasi. Baiknya aspek ini dapat dilihat dari knowledge, skill, dan attitude yang dimiliki oleh SDM. Bagaimana cara memupuk dan meningkatkan kualitas dari aspek tersebut?

Capacity building, sebuah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku mutlak diperlukan oleh suatu organisasi untuk mencapai pergerakan yang baik dalam satu organisasi. Hal ini dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem pada Jum’at (09/11) lalu di Aula Gedung Observasi Laut Nasional, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). 

Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem didampingi Penyuluh perikanan Kabupaten Jembrana mengunjungi BROL bersama perwakilan dari Kelompok Nelayan Karangasem di tiap Kecamatan yang ada. Kunjungan ini sudah direncanakan sejak bulan September lalu. Informasi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) menjadi pokok bahasan utama dalam kunjungan ini. 

Acara yang dibuka oleh Nuryani Widagti, S.Hut, M.Si., (Kepala Seksi Pelayanan Teknis BROL) ini berlangsung antusias. Nuryani mengawalinya dengan paparan product knowledge BROL 2018 dan secara lebih mendalam dilanjutkan oleh Dr. Denny Wijaya Kusuma, M.Si., Peneliti BROL Bidang Penginderaan Jauh Kelautan. 

Paparan oleh Dr. Denny bertajuk “Laut Nusantara, Sosialisasi Untuk Nelayan”. Beliau menjelaskan mengenai penggunaan Aplikasi Laut Nusantara dan PPDPI dalam aktivitas penangkapan ikan, juga disampaikan bahwa nelayan dapat langsung memberikan feedback kepada BROL melalui kontak narahubung yang tersedia sebagai bahan masukan bagi perbaikan kedepannya. 

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem juga menyampaikan harapannya dalam sambutan yang diberikan. “Kami datang kali ini mengajak 24 orang nelayan perwakilan dari 24 kelompok di 4 kecamatan yang ada, Kec. Manggis, Kec. Karangasem, Kec. Abang, dan Kec. Dukuh, Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan, serta Penyuluh perikanan Kab. Karangasem dan Kab. Jembrana. BROL merupakan destinasi terakhir kami setelah kemarin kami berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Tabanan, dan tadi pagi sebelum kesini kami ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan dahulu”. 

“Kami sangat berterima kasih sudah diterima. Semoga kami dapat menyerap pengetahuan dan wawasan yang diberikan. Harapan kami juga semoga nelayan tidak lagi mencari ikan, namun menangkap ikan dengan bantuan dari PPDPI dan Laut Nusantara”, tambahnya. 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM