Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Ambon (26/10). The 1st Maluku International Conference on Marine Science and Technology : Sustainable Development of Marine Resources telah berlangsung di Hotel Santika Premiere, Ambon. Seminar yang dihadiri oleh ratusan peserta lintas kalangan ini bertujuan untuk Berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi antara peneliti nasional-internasional dan para ahli tentang pengembangan sumber daya laut berkelanjutan yang dapat diterapkan di Maluku; Promosi sumber daya alam Maluku termasuk sumber daya laut, budaya, dan pariwisata; serta Membangun jaringan antar seluruh peserta konferens baik di tingkat lokal, nasional dan internasional. 

Sejalan dengan tema "Pembangunan Sumber Daya Laut yang Berkelanjutan", topik dalam konferensi ini diarahkan untuk menjawab masalah yang dihadapi oleh masyarakat pesisir. Topik yang dipilih dalam konferensi ini terdiri atas Ilmu Kelautan (mencakup biologi kelautan, ekologi kelautan, dan oseanografi); Teknologi Kelautan (mencakup arsitektur angkatan laut, teknik kelautan, navigasi, teknologi bawah laut, teknik pelayaran, dan kesehatan maritim); Perikanan dan Wisata Bahari (mencakup budidaya laut, perikanan tangkap, dan wisata bahari).

Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) turut serta dalam kegiatan ini, diwakili oleh Dr. Eghbert Elvan Ampou selaku Ketua Kelompok Bidang Kepakaran Dinamika Pesisir. Seminar berlangsung selama tiga hari hingga Jum’at (26/10). 

“Seminar ini dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku Utara. Keynote speaker-nya ialah Dr. Ir. Gellwin Jusuf, M.Sc. Sekretaris Utama BAPPENAS”, ungkap Dr. Eghbert. 

BROL mempresentasikan hasil riset tentang “Habitat Mapping and Identification of Habitat Changes With Very High Resolution Satellite Images in Bunaken Island” dalam sesi presentasi paralel di hari kedua acara. 

“Sesi paralel selesai diakhiri dengan diskusi sekaligus perumusan rekomendasi yang nantinya akan diserahkan ke Pemerintah Daerah Provinsi Maluku sebagai bahan masukkan guna pengelolaan yang berkelanjutan khususnya pada ekosistem pesisir di Provinsi Maluku. Kegiatan ditutup dengan kunjungan “excursion” bersama di pantai Halasy, Ambon, sekaligus menjalin networking dengan seluruh peserta”, tambahnya. 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM