Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Koba (21/11). Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) diperingati setiap tanggal 21 November telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014. Harapan akan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan dan menjaga kelestariannya selalu tersirat dalam tiap perayaan  yang dilakukan. Limpahan ikan sebagai salah satu bahan pangan kaya protein di Indonesia belum termanfaatkan secara optimal. Seiring dengan HARKANNAS, Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN) merupakan bagian yang melengkapi keutuhan HARKANNAS sebagai pengingat bagi masyarakat Indonesia akan potensi ikan yang tersedia.

Rabu (21/11). BROL hadir dalam Peringatan Hari Ikan Nasional V Tahun 2018 di Pantai Desa Terentang, Bangka Tengah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M. dan diawali dengan bersih pantai oleh murid SDN 10 Koba. 

“Selamat Hari Ikan Nasional 2018, kita doakan semoga nelayan kita semakin maju. Kami bangga dengan para nelayan, teruslah berupaya melaut. Nelayan adalah pahlawan protein ikan,” ungkap Ibnu Saleh. 

Hari Ikan Nasional Ke-5 yang dirayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menjadi momentum bersejarah bagi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Pasalnya, BROL menerima penghargaan dari Bupati Bangka Tengah terhadap dukungan yang diberikan dalam pengembangan program Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (SI DOLPIN) milik Dinas Perikanan Bangka Tengah. 

“SI DOLPIN masih kami kembangkan, nantinya diperuntukkan bagi prakiraan daerah berpotensi spesies ikan tertentu yang ada di perairan Bangka Belitung. Melalui SI DOLPIN kami mewadahi para nelayan untuk ketersediaan data dan informasi yang dapat mendukung kegiatan penangkapan ikan. Nelayan kami himbau untuk melek teknologi melalui SI DOLPIN ini agar dapat melaut di daerah sendiri dan memaksimalkan hasil yang didapat untuk mencukupi kebutuhan,” tukas Teguh Ferdinand, S.St.Pi., Kepala Bidang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dinas Perikanan Bangka Tengah. 

“Kami siap membantu dan mengawal proses pengembangan SI DOLPIN ini. BROL terbuka lebar untuk bisa bersama – sama membangun dan menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan nantinya,” tutur Dr. Bambang Sukresno, M.Si., Ketua Bidang Kepakaran Penginderaan Jauh Kelautan BROL usai menerima penghargaan. 

Dedy Muchdiyat, S.P., Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah juga selaku ketua panitia kegiatan mengungkapkan rasa bangganya, “Peringatan HARKANNAS 2018 di Kabupaten Bangka Tengah ini diharapkan dapat mendukung upaya meningkatkan konsumsi ikan dan ketahanan pangan nasional, dan membangun kesadaran individu akan manfaat gizi dari ikan, karena dengan protein ikan, kita membangun bangsa”.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung produksi perikanan dan kesejahteraan masyarakat pesisir Bangka Tengah. Perlu dicatat bahwa konsumsi ikan di Bangka Tengah saat ini ialah 39.,84 Kg dan target kami di tahun depan ialah sebesar 45 Kg/kapita. Kami menaruh harap akan dukungan dari BROL untuk pengembangan SI DOLPIN ini agar bisa memberikan dampak yang baik kedepannya bagi kemajuan perikanan di Bangka Tengah,” tambahnya. 

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan untuk nelayan dan santap siang 1000 tusuk bakso ikan bakar olahan tim PKK Kabupaten Bangka Tengah.

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM