Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Kuta (01/11). Mangrove adalah objek yang tak bisa lepas dari kajian yang ada di Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Selain karena berlokasi di tengah ekosistem mangrove Perancak, BROL menetapkan mangrove sebagai salah satu riset strategisnya. Tahun ke tahun, penelitian bertajuk mangrove terus digalakkan, mengingat peran dan fungsinya yang sangat vital. Kelompok Bidang Kepakaran (KBK) Dinamika Pesisir BROL menjadi aktor utama dalam kegiatan per-mangrove-an tersebut. 

Kamis (01/11) BROL sukses mengadakan Small Group Discussion (SGD) Adapting to Coastal Climate Change : Mangrove and Sea Level Rise di Hotel Santika, Kuta. Kegiatan yang merupakan bagian dari Partnerships for Enhanced Engagement in Research (PEER) USAID Indonesia dengan BROL ini menjadi ajang untuk menjalin kolaborasi antar pemerhati mangrove juga wadah untuk bertukar ilmu dan informasi seputar Mangrove dan Climate change.  

SGD diadakan selama dua hari berturut-turut, diikuti oleh peserta yang berasal dari pemangku kepentingan di lintas sektor, mulai dari pemerintah, akademisi, organisasi, hingga lembaga swadaya masyarakat. 

“Kegiatan hari pertama diisi dengan diskusi interaktif dan networking antar peserta. Masing-masing peserta memperoleh kesempatan untuk memaparkan kegiatan riset mangrove-nya. Tajuk yang kita angkat ialah Mangrove & Sea Level Rise, mengingat dua hal tersebut saling bertautan dan berhubungan dengan fenomena yang makin meningkat saat ini, climate change. Kita ingin lihat dari beragam perspektif terkait hal tersebut, sekiranya dapat dijadikan bahan brainstorming untuk langkah-langkah berikutnya. Alhamdulilllah, berjalan lancar semua”, ungkap Frida Sidik, Ph.D., Ketua pelaksana kegiatan.

“Setelah hari ini, peserta akan kami ajak mengunjungi kantor BROL di Perancak, Kabupaten Jembrana untuk melihat fasilitas riset yang ada dan mengeksplorasi hutan mangrove disana”, tambahnya.

“Saya mengapresiasi kegiatan semacam ini. Selain berbagi ilmu, kegiatan ini juga wadah temu pandang antar pemerhati mangrove, yang mungkin biasanya jarang berjumpa atau bahkan belum pernah bertemu sama sekali. Harapan saya, kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dan kerja sama antar pihak agar kedepannya dapat berkolaborasi menghasilkan riset mangrove yang berkelanjutan”, ungkap I Nyoman Radiarta, Kepala BROL. 

“Secara pribadi, saya senang dapat bergabung dalam kegiatan ini. Saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki semangat sama dan semangat terus untuk konsisten melakukan riset mangrove di Indonesia. Semoga kedepannya dapat terus terjaga komunikasinya, dan kolaborasi risetnya dapat berjalan baik”, ujar Agus Supangat, Moderator kegiatan yang juga Ahli oseanografi Indonesia.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM