Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (02/10). Pemanfaatan iptek nuklir bukan hanya sebagai senjata pemusnah masal yang selama ini ditakutkan, lebih dari itu, teknologi nuklir juga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan, salah satunya ialah di bidang lingkungan. Isotop radioaktif atau yang lebih dikenal dengan sebutan radioisotop, telah banyak dibuat dan digunakan untuk berbagai keperluan dalam penelitian maupun dalam bidang industri. Dalam ilmu kelautan, radioisotop telah banyak digunakan, salah satunya untuk menganalisis arus laut dan arus pantai. 

Selasa (02/10) Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) sukses mengadakan Learning Session tentang Pemanfaatan Teknologi Isotop untuk Riset Kelautan oleh Dr. Ali Arman Lubis, peneliti senior dari Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi - Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR- BATAN). Learning Session yang dilaksanakan di Aula Gedung Observasi Laut Nasional ini dihadiri oleh peneliti- peneliti dan seluruh pegawai BROL. Pemanfaatan nuklir melalui radioisotop untuk bidang kelautan dapat dilakukan baik melalui isotop buatan ataupun isotop alami. 

“Pemanfaatan isotop ialah sebagai “TRACER” yang mempunyai karakteristik sama dengan sistem yang diteliti , dan menyatu dengan sistem tersebut, sehingga akan memberikan hasil dengan tingkat ketelitian tinggi. Ada tiga hal penting yang harus diindahkan dalam pemanfaatan teknologi nuklir ini yaitu hanya untuk tujuan damai, mengutamakan keselamatan dan keamanan, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat”, ujar Ali Arman.

“Isotop dalam bidang kelautan dapat dimanfaatkan untuk beberapa penelitian bertajuk sedimen, perubahan iklim, blue carbon, ocean acidification, rekam jejak polutan, dan lain-lain”, tambahnya.

Learning Session ditutup dengan sesi diskusi dan penjajakan kerja sama kedepan antara BROL dengan BATAN terkait aplikasi nuklir di bidang kelautan dan perikanan. 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM