Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Nusa Dua (28/09). Lingkungan hidup menjadi salah satu isu global yang dibahas dalam Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) 2018. Pertemuan ini menghadirkan tamu dari 189 negara dengan beragam latar belakang, mulai dari utusan bank sentral, masyarakat sipil, media, maupun akademia. Masalah lingkungan hidup bukan hanya isu di Indonesia, melainkan kepentingan seluruh dunia demi generasi mendatang. 

Jum’at (28/09) Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) diwakili oleh Dr. Eghbert Elvan Ampou (Peneliti BROL Bidang Dinamika Pesisir) hadir dalam rangka memenuhi undangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia pada kegiatan monitoring & transplantasi karang untuk side event Replanting Coral IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Pantai Samuh, Nusa Dua, Bali, pada Minggu (07/10) mendatang. Aktifitas yang dilakukan berupa penyelaman guna monitoring struktur terumbu buatan (artficial reef spider) yang telah terpasang pada kedalaman 7 – 10 meter di daerah reef slope sebanyak 250 unit dan transplantasi karang, serta tansplantasi karang pada terumbu buatan reef spider sejumlah 50 unit di Pos Balawista Club Med daerah pesisir pantai Samuh. 

Side event tersebut akan dilakukan pada Minggu (07/10) mendatang dengan bentuk peletakan 200 unit reef spider dan proses transplantasi oleh peserta Pertemuan Tahunan IMF-WGB 2018. Jadi total keseluruhan reef spider yang terpasang berjumlah sebanyak 500 unit. Adapun genus karang yang di transplan ialah dari jenis karang Scleractinia diantaranya: Acropora, Pocillopora, Stylophora dan Galaxea”, ungkap Dr. Ampou. 

“Sebelumnya, kami bersama Nusa Dua Reef Foundation (NDRF), Mahasiswa Universitas Udayana, Masyarakat pemerhati lingkungan serta beberapa tenaga sukarelawan yang berasal dari Perancis telah melakukan survey ekologi dan transplantasi karang tahap I pada 15 dan 16 Agustus lalu untuk mengumpulkan data dukung dalam kegiatan monitoring ini. Harapannya, karang yang ditransplan memiliki tingkat kelulushidupan yang baik dan para pihak terlibat dapat terus aktif menggalakkan kegiatan sejenis pasca pertemuan tahunan ini. Sukses dan lestari selalu!” tambahnya.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM