Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Malang (19/09). Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) memuat informasi prediksi daerah penangkapan dan daerah potensi penangkapan ikan pelagis di wilayah perairan Indonesia. Informasi PPDPI diperbaharui secara rutin seminggu 3 kali setiap Senin, Rabu, dan Jum’at. Inovasi ini merupakan salah satu alat bantu nelayan dalam menentukan lokasi penangkapan ikan, sehingga jumlah tangkapan dapat lebih optimal.

PPDPI didistribusikan secara daring melalui website Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), aplikasi Laut Nusantara, surel, ataupun grup media sosial (whatsapp). Guna indikasi keberhasilan distribusi, BROL aktif mengadakan riset respon nelayan terhadap penggunaan PPDPI. Riset ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana  PPDPI dimanfaatkan oleh nelayan (respon balik) sekaligus untuk mengukur akurasi PPDPI, salah satu produk unggulan BROL. Riset ini dilaksanakan pada Rabu (19/09) di dua lokasi yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Sindang Biru, Kabupaten Malang, dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Kabupaten Prigi. 

Pelaksanaan riset dilakukan dengan metode kuesioner atau penelusuran respon nelayan menggunakan lembar pertanyaan yang harus dijawab berdasarkan pengetahuan dan pengalaman nelayan terhadap penggunaan PPDPI. Nelayan sebagai responden berjumlah kurang lebih 25 orang. 

“Riset semacam ini selain berguna untuk mengukur akurasi, juga menjadi pemacu semangat bagi kami, bahwa riset yang kami lakukan dapat dengan jelas bermanfaat secara langsung bagi nelayan. Mendengarkan masukan dan testimony dari mereka yang kadang membuka fikiran dan semangat kami untuk terus bisa berusaha melakukan riset dan terus memperbaharui konten dan informasi yang ada di dalam PPDPI kedepannya”, ungkap Dr. Bambang Sukresno, Peneliti Bidang Penginderaan Jauh Kelautan BROL. 

Rangkaian kegiatan riset respon nelayan terhadap penggunaan PPDPI, diakhiri dengan melakukan input data yang diperoleh dari jawaban pada kuesioner. Pelaksaan kegiatan riset ini juga dibantu oleh empat mahasiswa Program Studi Penangkapan Sumberdaya Perikanan (PSP), FPIK-UB

Seluruh nelayan yang menjadi responden sangat antusias dalam mengikuti kegiatan terutama mendapatkan informasi terkait aplikasi “Laut Nusantara”. Pengisian kuesioner juga berjalan lancar hanya terkendala jika mendapatkan responden yang tidak dapat membaca. Diharapkan hasil respon nelayan dari kegiatan riset ini dapat menjadi tolak ukur untuk mengukur kinerja BROL.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM