Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (30/08). Hilirisasi produk Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) merupakan upaya untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama yang berada di wilayah pesisir. Inovasi Bahari yang sukses digelar pada tanggal 29 dan 30 Agustus lalu merupakan bentuk hilirisasi produk BROL dengan diluncurkannya produk-produk unggulan hasil riset inovatif di bidang kelautan. Inovasi Bahari juga merupakan dukungan BROL terhadap kampanye Gerakan Menghadap Laut dan Our Ocean Conference 2018.

Rangkaian acara Inovasi Bahari diawali dengan peluncuran produk unggulan BROL, yaitu Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK) dan Aplikasi Laut Nusantara. Aplikasi yang berbasis android ini dikembangkan BROL bersama dengan PT. XL Axiata, Tbk., yang bertujuan untuk mendukung aktivitas kenelayanan dalam memperoleh akses informasi yang cepat, tepat, dan murah.  Harapannya, melalui inovasi ini nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan dan produktivitas kerja. Acara Inovasi Bahari diselenggarakan di Aula Gedung Observasi Laut Nasional, dihadiri oleh sekitar 80 undangan yang terdiri dari mitra BROL, seperti PT. XL Axiata, Tbk., masyarakat nelayan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi dari Perguruan Tinggi, UPT lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Se-Provinsi Bali. 

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA menyampaikan, “Riset kelautan terdiri dari tiga pilar, yaitu research excellent, masyarakat industri, dan education. Hasil keluaran riset harusnya bukan hanya berwujud tulisan, tapi implementasinya harus sampai pada masyarakat, terutama nelayan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dengan nyata. Adanya peluncuran Laut Nusantara yang merupakan bentuk hilirisasi produk unggulan BROL ini, dapat dikatakan merupakan dukungan terhadap terwujudnya tiga pilar tersebut.”

“Kami selalu ingin bisa membangun suatu sarana digital yang dapat membantu para nelayan. Dasar pemikirannya sederhana, kita negara kepulauan dengan wilayah laut sangat luas, belasan ribu pulau, serta garis pantai terpanjang di dunia. Nenek moyang kita pernah berjaya karena mampu memanfaatkan laut secara maksimal, namun kini masih banyak masyarakat kita menjalani kehidupan yang keras dan sulit sebagai nelayan”, begitu pernyataan  Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi PT. XL Axiata, Tbk. 

“Aplikasi Laut Nusantara ini dibangun selama kurang lebih 5 bulan dan ini adalah aplikasi kenelayanan kedua yang diluncurkan oleh XL Axiata. Semoga ini dapat maksimal, juga dapat menyiapkan para nelayan kecil kita memasuki era digital”, tambahnya. 

Tidak hanya sekedar peluncuran, Inovasi Bahari juga memberikan edukasi kepada nelayan secara lebih dekat melalui Sosialisasi Aplikasi Laut Nusantara kepada 130 orang nelayan dari wilayah Desa Perancak, Air Kuning, dan Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali. Bersama para instruktur dari Balai Riset dan Observasi Laut, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan; Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Jembrana; Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kabupaten Jembrana; serta Stasiun Klimatologi Kelas II Negara, para nelayan dipandu untuk mengunduh dan praktik menggunakan aplikasi ini. 

“Satu permasalahan klasik masyarakat pesisir sebagai pelaku utama perikanan tangkap adalah terbatasnya pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan. Sehingga dengan Inovasi Bahari diharapkan dapat memberikan kemudahan aktivitas penangkapan ikan, sehingga lebih efektif dan efisien dan secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan Indonesia”, ungkap I Nyoman Radiarta, Kepala BROL. 

“Aplikasi Laut Nusantara dapat diunduh secara gratis di Play Store”, tambahnya. 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM