Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (24/04). Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI), salah satu produk unggulan BROL terbit tiga kali dalam seminggu. Peta yang mencakup prakiraan daerah penangkapan ikan untuk skala nasional, pelabuhan perikanan, dan beberapa wilayah perairan khusus ini, terbit setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Peminat dan pengguna PPDPI berasal dari ragam kalangan dan daerah. Tak dapat dipungkiri, banyak pihak yang ingin belajar membuat dan mengembangkan PPDPI, baik akademisi maupun institusi lain dari pemerintahan dan lembaga masyarakat.

Teguh Ferdinand dan Dedy Kusumanjani, jauh-jauh dari Bangka Tengah berkunjung ke BROL dalam rangka memperdalam keahlian dan wawasan tentang PPDPI. Keduanya mengikuti pelatihan selama 4 hari, 24 hingga 27 April 2018 bersama mentor dari para peneliti BROL yang tergabung dalam Laboratorium dan Kelompok Bidang Kepakaran Penginderaan Jauh Laut.

"Kabupaten Bangka Tengah kini sedang menyusun Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (SIDOLPIN). Hal ini selaras dengan tujuan yang dimuat dalam PPDPI, maka kenapa kami belajar kesini (BROL)" Ujar Teguh, Kepala Bidang Pengelolaan dan Penyelenggaraan TPI. 

Seiring dengan hal itu, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah merupakan satu diantara pihak yang mulai tertarik untuk mengembangkan PPDPI secara berbarengan.

"Hal ini tentu kami sambut dengan baik. Respon seperti ini juga kami harapkan dari daerah lain, mengingat PPDPI akan lebih bernilai guna jika hilirisasinya sudah meraba ke ranah pemerintah daerah", ujar I Nyoman Radiarta, Kepala BROL.

Pelatihan pembuatan PPDPI yang berjalan selama 4 hari ini diselenggarakan dengan mengacu kepada silabus yang telah disusun oleh tim Laboratorium Penginderaan Jauh Laut dan Kelompok Bidang Kepakaran yang diketua oleh Dr. Bambang Sukresno. 

"Untuk teknis, kami menyusun silabus terpadu yang sekiranya bisa mewadahi para penggiat peta serupa di Bangka Tengah ataupun daerah lainnya yang berkepentingan terhadap PPDPI kami. Bekal ilmu secara teori telah kami susun secara runtun dalam modul juga praktek secara langsung untuk mengenalkan sistem dan informasi PPDPI secara lebih baik. Pelatihan kami tutup dengan interpretasi hasil praktek yang disampaikan oleh peserta (Bpk. Teguh dan Bpk. Deddy)", ungkap Bambang.

"Jujur, saya salut. Meski beliau-beliau ini kurang familiar dengan tools yang ada di peranti penyusunan PPDPI, tapi, mereka bisa menyesuaikan dan hasilnya luar biasa. Harapan saya semoga beliau berdua dapat mewadahi PPDPI area bangka belitung", tambah Bambang.

"Pun pelatihan usai, tapi, kontak tetap akan kami jaga. BROL akan sangat terbuka jika pihak Bangka Tengah memerlukan supervisi dalam mengaplikasikan hasil pelatihan ini di area Bangka Tengah. Selain itu, kedepan juga BROL akan mulai rintis kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk pengembangan bersama. Semoga bisa berjalan lancar", tukas Nyoman di sela penutupan pelatihan.

Agenda Kegiatan

Dec
18

18.12.2018 - 20.12.2018

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM