Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (19/04). Dihadiri oleh ratusan peserta, Talkshow Lestari BROL tanggal 19 April 2018 lalu membuahkan inspirasi yang sangat berarti. Konsistensi dalam kepedulian terhadap ekosistem pesisir yang terus digalakkan oleh para narasumber menjadi pemikat bagi peserta untuk mulai menyadari betapa pentingnya hal tersebut saat ini. Tiga orang narasumber yakni Chris Brown (Reefseen Divers' Resort), Hanggar Prasetio (Conservation International Indonesia), dan I Putu Mangku Mariasa (True Scuba Dive Centre) sukses mengajak para peserta untuk bersama-sama mengambil bagian dalam menjaga wilayah pesisir dengan berbagai cara dan metode. 

"Banyak cara untuk bisa menerapkan kepedulian terhadap lingkungan di kehidupan kita sehari-hari. Satu diantaranya ialah dengan mengurangi volume penggunaan plastik, terutama plastik sekali pakai. Sampah plastik juga merupakan ancaman bagi ekosistem mangrove di pesisir kita", imbuh Hanggar.

"Selain dimulai dari diri sendiri, tentunya kita harus pahami dulu. Seperti pada tampilan presentasi saya tadi, sampah plastik juga telah menjadi ancaman bagi kehidupan di bawah laut. Kami acap kali menemukan sampah plastik ketika menyelam, miris sekali", tambah Mangku. 

"Jangan salahkan pemerintah ketika banyak sampah plastik dimana-mana. Salahkan diri sendiri, karna kita lah ujung pangkal dari masalah ini", tambah Chris Brown. 

Tak dapat dipungkiri, memang banyak “PR” bagi kita, siapapun itu, dalam menerapkan konservasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Banyak pihak masih enggan, malu, bahkan gengsi. Namun, tidak bagi narasumber, mereka patut menjadi contoh. 

Sebagai lembaga yang berhubungan langsung dengan riset dan observasi laut, BROL juga memiliki peran penting yang harus diperagakan dengan baik, mengaplikasikan hasil riset kepada lingkungan dan manusia. Melalui Bioreeftek, BROL terus menggalakkan konservasi dan rehabilitasi terumbu karang sebagai bagian tak terpisahkan dalam kajian riset kelautan dan perikanan.

Dalam kesempatan yang sama, BROL memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah menyusun infografis terkait #EndPlasticPollution. Apresiasi diberikan khusus bagi pembuat infografis terfavorit, infografis terkreatif, dan infografis terinformatif. I Ketut Teguh Adi Panduwinata dan Ida Ayu Kiran Sandra Gita dari SMA N 01 Negara berhasil meraih kategori infografis terfavorit. Ni Putu Ayu Samiasih dan Bintang Anggoro dari SMK Marsudirini Negara berhasil meraih kategori infografis terkreatif, sedangkan infografis terinformatif berhasil diraih oleh Asyqar Fariz Ariestidy dan Devita Yusronirviana dari MAN 01 Jembrana.

Pemberian apresiasi kepada para peserta yang telah menyusun infografis terkait #EndPlasticPollution

Infografis terfavorit dari SMAN 01 Negara

Infografis terkreatif dari SMK Marsudirini Negara

Infografis terinformatif dari MAN 01 Jembrana

Talkshow lestari ditutup dengan peluncuran beragam produk riset unggulan BROL kepada pengguna, yaitu Album Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) 2017, Album Prediksi Pasang Surut 2018, serta Panduan Teknis Bioreeftek.

Suasana launching produk riset unggulan BROL kepada stakeholders

Moderator dan Narasumber Talkshow Lestari (credit : @lrptbenoa)

Suasana akhir di Talkshow Lestari (credit : @lrptbenoa)

 Sampai jumpa di Talkshow Lestari berikutnya!.

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM