Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (18/04). Salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bumi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) 2018 yang tak kalah menarik adalah Aksi Lestari II. Kegiatan lapangan yang dilakukan di pantai Penimbangan, Singaraja pada Rabu (18/04 ) lalu ini sukses menggandeng banyak kalangan dan institusi. Aksi Lestari 2 diawali dengan acara seremonial di Ruang Seminar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Undiksha.

Kegiatan seremonial berisi penandatanganan berita acara kerjasama dan sosialiasi Bioreeftek dan Abalon yang merupakan langkah awal dalam kolaborasi ini. Selain 15 unit Bioreeftek dari BROL, kontribusi lain juga datang dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) Gondol berupa 500 ekor Abalon dan 500 ekor Teripang, serta 1000 ekor Abalon dari Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem.

Suasana kegiatan seremonial

Suasana kegiatan seremonial

Suasana kegiatan seremonial

“Melalui kegiatan seremonial yang turut dihadiri oleh mahasiswa/i kami ini, semoga saja kerjasama kedepannya bisa dikembangkan dalam bentuk penelitian dan monitoring. Peluangnya sangat bagus kok”, imbuh Prof. Dr. Ida Bagus Jelantik Swasta, wakil Dekan 1 bidang akademik FMIPA Undiksha.

Usai seremonial, kegiatan berlanjut di pantai Penimbangan. Persiapan penanaman Bioreeftek, pelepasan Abalon dan Teripang telah dilakukan secara matang sebelumnya oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari bersama para penyelam dari True Scuba Dive Center (TSDC). 

Foto bersama sebelum deployment

Serah terima 15 unit Bioreeftek dari BROL kepada Pokmaswas Penimbangan Lestari

Serah terima 500 ekor Abalon dan 500 ekor Teripang dari BBRBLPP Gondol kepada Pokmaswas Penimbangan Lestari

Serah terima 1000 ekor Abalon dari BPIU2K Karangasem kepada Pokmaswas Penimbangan Lestari

Suasana deployment

Suasana deployment

“Harapannya, Bioreeftek yang di-deploy bisa menjadi pagar pembatas untuk bibit Abalon dan Teripang yang dilepas. Monitoring-nya nanti akan dilakukan oleh Pokmaswas Penimbangan Lestari dan para diver dari TSDC”, ujar Eghbert E. Ampou selaku koordinator lapangan.

 

Agenda Kegiatan

Dec
18

18.12.2018 - 20.12.2018

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM