Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (20/04). Sejak tahun 2017, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) aktif menggalakkan kegiatan Peringatan Hari Bumi sebagai bentuk kepedulian dan wadah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keseimbangan ekosistem di bumi. Kegiatan tersebut mampu menginspirasi beragam kalangan untuk ikut andil berperan sebagai agen pecinta bumi lestari. Setelah berhasil pada tahun sebelumnya, tahun ini BROL kembali menuai sukses dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Bumi BROL tahun 2018 bertajuk "Satukan Aksi Untuk Bumi Lestari".

Peringatan Hari Bumi BROL tahun 2018 telah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di 5 (lima) lokasi berbeda, yaitu Kurma Asih Turtle Conservation dan Pantai Perancak (Senin, 16 April 2018), Universitas Pendidikan Ganesha dan Pantai Penimbangan (Rabu, 18 April 2018), dan Gedung Observasi Laut Nasional (Kamis, 19 April 2018). Rangkaian kegiatan yang terdiri dari kegiatan in class (Kelas Lestari dan Talkshow Lestari) ataupun out class (Aksi Lestari) ini berjalan lancar dan ditutup dengan acara puncak berupa Talkshow Lestari yang berjalan interaktif dan ditandai dengan peluncuran beragam produk riset unggulan BROL untuk stakeholders.  

“Secara keseluruhan, kegiatan Hari Bumi BROL tahun ini memberikan atmosfir yang berbeda dari tahun lalu. Tahun ini berjalan lebih semarak karena melibatkan lebih banyak instansi, baik dari pemerintah, swasta, masyarakat, maupun pelajar. Selain itu, adanya peluncuran beragam produk riset unggulan BROL juga menjadi momen berkesan sendiri bagi kami. Harapan kami, melalui hari bumi ini, selain memberikan inspirasi, kami juga bisa lebih handal dan unggul kedepannya, terutama dalam distribusi dan pengembangan produk riset kami kepada para stakeholder dan masyarakat”, ujar I Nyoman Radiarta, Kepala BROL.

Tidak hanya sebatas momen peringatan yang berlangsung begitu saja, Peringatan Hari Bumi BROL 2018 juga menyisakan energi positif bagi para peserta. Banyak peserta yang mengharapkan kegiatan ini bisa berlanjut lagi, juga menghasilkan penjalinan kerjasama antar institusi dan mitra. 

“Alhamdulillah, kegiatan ini sukses dan menyisakan kesan baik bagi para peserta. Saya turut senang menyikapi antusias dan harapan mereka, terutama para siswa/i Sekolah Menengah Atas atau se-derajat yang telah terlibat. Saya sempat terharu melihat semangat mereka”, ujar Nuryani Widagti, KASI Pelayanan Teknis BROL. 

“Selain itu juga, banyak pihak lain yang menyambut baik penjalinan kerjasama berkat kegiatan ini. Kedepannya, kami akan menjalin kerjasama seputar distribusi dan pengembangan produk riset unggulan BROL dengan beberapa pihak yang telah terlibat dan mendukung kegiatan ini. Semoga berjalan lancar dan kembali bertemu di Peringatan Hari Bumi BROL 2019”, tambah Nuryani.  

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM