Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (27/03). Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki ragam fenomena alam yang menarik. Tak hanya sebatas menarik saja, fenomena alam yang terjadi juga sering memberikan dampak yang buruk. Siklon tropis, badai berkekuatan besar yang terbentuk di atas lautan. Secara umum, siklon ini sering terbentuk pada wilayah dengan suhu permukaan air laut yang hangat, lebih dari 26.5 °C. Daerah pertumbuhan siklon tropis dapat dibagi menjadi 7 (tujuh) wilayah lautan, salah satunya berada di Samudera Hindia bagian selatan kepulauan Indonesia. 

Baru-baru ini telah terjadi siklon tropis dengan kekuatan yang cukup besar di wilayah selatan Pulau Jawa. Siklon tersebut dikenal dengan sebutan siklon tropis MARCUS, yang terbentuk di antara Laut Arafura dan Laut Timor. Pada tanggal 15 Maret 2018 silam, siklon tersebut telah berevolusi menjadi siklon tropis kategori 5 (skala Australia) untuk yang pertama kalinya terjadi di tahun 2018 ini. Kecepatan angin yang dihasilkan siklon tropis MARCUS mencapai angka 140 mph. Namun, siklon ini berangsur melemah dan menghilang pada tanggal 24 Maret 2018 setelah 10 hari berevolusi dan sempat menghantam pesisir Darwin, Australia.

Gambar 1. Pergerakan siklon tropis MARCUS & Kecepatan angin pada saat kategori 5 (22 Maret 2018)

Meski berada pada jarak yang cukup jauh dari daratan Indonesia, dampak siklon tropis MARCUS masih dapat dirasakan, terutama di wilayah perairan Indonesia timur bagian selatan. Hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan bagian selatan dan Sulawesi Tenggara bagian selatan yang diikuti dengan gelombang tinggi (2.50 - 4.0 m). Tentunya, hal ini berdampak buruk bagi nelayan karena mengganggu aktifitas mereka dalam mencari ikan. 

Fikrul Islamy - Tim Penginderaan Jauh Laut BROL

*tulisan disadur dari beberapa sumber

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM